5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

1 April 2017




5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa makan merupakan kebutuhan primer setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Ketika makan, sebaiknya jangan dilakukan tergesa-gesa karena tidak baik untuk pencernaan. Bahkan, bisa berbahaya jika makan terlalu cepat, misalnya tersedak. Untuk orang dewasa mungkin tidak menjadi masalah besar ketika tersedak, karena biasanya tiap orang dapat mengatasinya sendiri. Namun bagi anak kecil, tersedak bisa sangat berbahaya karena saat tersedak saluran pernafasan di tenggorokan ikut tertutup. Maka dari itu hendaknya makan makanan secara pelan-pelan dan tidak perlu tergesa-gesa. Berikut 5 bahaya yang bisa terjadi jika makan terlalu cepat.

5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

#1 Memperberat Kinerja Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan dalam perut merupakan urutan kedua dalam proses pengolahan makanan setelah mulut. Saat makanan dikunyah terlalu cepat dalam mulut, maka ketika makanan tersebut masuk ke dalam lambung dan usus, kinerja sistem pencernaan bisa menjadi 2-3 kali lebih berat dari biasanya. Efeknya adalah tubuh menjadi mengantuk, cepat lelah, dan perut menjadi sakit.

#2 Menambah Berat Badan

Dibutuhkan waktu 20 menit bagi tubuh Anda untuk dapat mengirimkan sinyal kenyang menuju ke otak. Nah, apa jadinya jika Anda terlalu cepat mengunyah makanan, lalu sinyal kenyang belum diterima otak? Tentu Anda akan makan terlalu banyak. Makan, dan makan lagi sampai 20 menit kemudian sinyal otak baru diterima dan Anda akan menjadi sangat kenyang sekali sampai membuat perut menjadi begah akibat kepenuhan makanan.

#3 Beresiko Tersumbatnya Saluran Pernafasan

Jika makan tergesa-gesa, maka Anda hanya akan sedikit mengunyah dan langsung menelannya. Hal ini bisa dipastikan bahwa sejumlah besar makanan akan masuk bersamaan ke dalam tenggorokan. Resikonya adalah tenggorokan akan menjadi tersumbat. Memang jika Anda minum, tenggorokan akan kembali normal, namun jika terlalu lama menunggu dan tidak segera diberi minum, efeknya akan sangat berbahaya.

#4 Makanan Tidak Akan Diolah Sempurna

Saat mengunyah makanan, standarnya adalah 38 kali mengunyah. Jika kurang dari itu maka air liur yang berfungsi untuk ikut membantu dalam proses pencernaan hanya sedikit yang ikut ke dalam perut. Hasilnya makanan sulit dicerna,  sehingga buang air besar pun juga akan terganggu.

#5 Dicap sebagai Orang yang Tidak Sopan

Meskipun tidak membahayakan bagi kondisi tubuh, tapi makan terlalu cepat dapat mengancam kehormatan Anda. Tentu makan dengan tergesa-gesa akan dianggap sebagai orang tidak tahu aturan atau orang desa. Jika Anda sedang makan bersama klien atau calon mertua Anda, tentu hal ini akan sangat mengurangi kredibilitas Anda di mata mereka.

Nah. itulah 5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan. Ingat bahwa makan pelan-pelan itu lebih baik daripada Anda makan terlalu cepat. Tetap jaga kesehatan dan jaga kualitas makanan 😀




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+