5 Cara Jaga Hubungan Pacaran Beda Agama

26 September 2017

Artikel opini yang berkaitan dengan hubungan beda agama pasti banyak sekali. Mengingat hubungan beda agama saat ini mulai banyak terjadi. Memang yang namanya rasa suka tidak bisa kita pilih akan jatuh pada siapa. Kita tidak pernah tahu, bahwa pada orang itulah kita akan jatuh hati. Padahal orang tersebut beda agama dengan kita. Jadi apa yang harus kita lakukan?

5 Cara Jaga Hubungan Pacaran Beda Agama

5 Cara Jaga Hubungan Pacaran Beda Agama

Pacaran beda agama memang tidak mudah dan rumit untuk dijalankan, namun bukan berarti Anda tidak bisa menjaga hubungan pacaran beda agama agar dapat berjalan baik. Apalagi jika Anda dan pasangan sudah merasa cocok satu sama lain sudah sepatutnya Anda berusaha menjaga keharmonisan hubungan pacaran ini. Nah, sebenarnya terdapat beberapa cara untuk menjaga hubungan pacaran beda agama ini. Adapun kelima cara jaga hubungan pacaran beda agama yang dapat Anda terapkan pada hubungan Anda adalah sebagai berikut:

1. Anda jangan berusaha mengubah pasangan Anda

Sudah tentu dalam hubungan pacaran beda agama, Anda dan pasangan memiliki keyakinan atau agama sendiri-sendiri. Dan tidak dapat dipungkiri juga bahwa terkadang merasa keyakinan atau agama yang Anda anut adalah yang paling baik dibandingkan yang lainnya. Berdasarkan hal ini Anda mencoba menghasut pasangan Anda untuk ikut keyakinan atau agama Anda. Jika hal ini Anda teruskan yang ada hubungan pacaran beda agama ini tidak berjalan dengan harmonis, renggang, dan berakhir putus. Jadi intinya di sini Anda tidak diperbolehkan berusaha mengubah pasangan Anda apalagi terkait soal keyakinan.

2. Anda harus menghargai pasangan Anda

Anda harus menghargai pasangan Anda dengan cara menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi. Namun jika Anda tidak memiliki hal tesebut maka hubungan pacaran beda agama ini tidak akan berjalan dengan lancar dan pastinya akan berakhir dengan putus. Dan jika Anda saling toleran terhadap agama yang Anda anut dan pasangan anut dijamin hubungan pacaran beda agama dapat berjalan harmonis.

3. Open minded

Memiliki hubungan pacaran dengan pasangan yang beda agama membuat Anda harus berpikiran lebih terbuka. Anda harus lebih terbuka dalam menerima segala hal yang berkaitan dengan kebiasaan dia dalam menjalankan keyakinannya yang otomatis pasti berbeda dengan kebiasaan Anda. Hal ini agar tidak saling menyinggung satu sama lain.

4. Mendiskusikan masa depan

Jangan pernah Anda menganggap pacaran beda agama tidak pernah mendapatkan masa depan dan ujungnya pasti saling meninggalkan. Usahakan Anda juga mulai mendiskusikan masa depan Anda dengan pasangan mengenai cara pandang Anda dalam keyakinan yang berbeda. Anda jangan pernah menunda membuka obrolan mengenai hal ini, pilihlah momen atau waktu yang tepat untuk membicarakannya. Sebab jika Anda terus menundanya hanya akan membuat hubungan Anda semakin terombang-ambing tidak ada ujungnya dan sekalinya berujung pada perpisahan.

5. Anda harus percaya setiap gesekan yang terjadi adalah sebuah renungan

Dalam setiap hubungan pastinya terdapat beberapa gesekan, namun ada baiknya Anda menyikapi bahwa gesekan tersebut sebagai sesuatu yang negatif. Ada baiknya Anda dapat gunakan sebagai renungan, apakah hubungan ini patut diperjuangkan, apa terlalu beda dan tidak bisa dilanjutkan, dan lain sebagainya.

Setidaknya melalui artikel opini ini, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika menjalani hubungan pacaran beda agama. Memang tidak mudah menjalani hubungan beda agama, apalagi kalau ditujukan untuk tahap pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+