5 Cara Mencegah Flu dengan Mudah

2 Maret 2017




5 Cara Mencegah Flu dengan Mudah – Flu merupakan salah satu penyakit yang sangat menjengkelkan sendiri. Bagaimana tidak, penyakit flu memiliki gejala yang membuat kita sangat sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.  Maka dari itu, untuk mencegah penyakit flu agar tidak mengganggu kegiatan olahraga, pesta, maupun liburan, silakan perhatikan 5 cara mencegah flu dengan mudah berikut ini:

5 Cara Mencegah Flu dengan Mudah

5 Cara Mencegah Flu dengan Mudah

5 Cara Mencegah Flu dengan Mudah

1. Menggunakan Vaksin Flu

Menggunakan vaksin flu merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit flu. Selain untuk melindungi diri sendiri, secara tidak langsung Anda juga membantu orang-orang sekitar agar tidak terhindar dari virus flu dan penyebarannya.

2. Perbanyak Mencuci Tangan

Selain menggunakan vaksin flu, mencuci tangan juga merupakan hal penting dalam upaya untuk mencegah penyakit flu. Mengapa? Karena setelah diberikan vaksin flu, tubuh memerlukan waktu sekitar 2 minggu untuk membentuk kekebalan alami pada virus flu. Mencuci tangan dapat membantu melindungi diri terhadap kuman lain dan penyakit yang tidak memiliki vaksin.

Cucilah tangan setelah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersin, sebelum memasang atau melepas lensa kontak; sebelum menggunakan make up, dan sebelum makan, melayani, atau menyiapkan makanan. Mencuci tangan sangat mudah dilakukan, namun dapat memberikan efek yang besar terhadap pencegahan penyakit flu. Jadi, biasakanlah mencuci tangan setelah pulang sekolah, mall, bioskop, atau tempat umum lainnya.

3. Jaga Jarak dengan Pasien yang Sedang Sakit (Batuk, Bersin, dll)

Virus flu menyebar melalui udara, jadi cobalah untuk menjauh atau menjaga jarak dari orang-orang yang terlihat sakit. Kadang, ada saja orang yang memiliki virus flu namun tidak terlihat sakit. Nah, disitulah peran vaksin dan mencuci tangan.

Selain itu, usahakan untuk mengurangi frekuensi menyentuh mata, hidung, dan mulut karena tiga tempat tersebut merupakan bagian yang mudah dimasuki oleh virus.

4. Menutup Mulut Menggunakan Tisu pada Saat Bersin atau Batuk

Saat bersin atau batuk, tutuplah mulut menggunakan tisu atau siku tangan, bukan menggunakan telapak tangan. Dengan cara tersebut, Anda dapat mencegah proses penyebaran virus melalui tangan yang telah digunakan saat menutup mulut ketika bersin.

5. Perbanyak Istirahat di Rumah Saat Flu

Dengan beristirahat di rumah, Anda dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Selain itu, dengan berada di rumah, Anda juga mencegah proses penyebaran virus flu kepada orang lain.

Selain cara di atas, Anda juga dapat mencegah penyakit dengan menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Caranya adalah dengan tidur atau istirahat yang cukup, makan makanan sehat (termasuk lima atau lebih porsi buah dan sayuran sehari), minum banyak air putih, dan berolahraga secara teratur.

Jangan biarkan hidup dan aktivitas Anda berantakan ketika menderita flu. Lawanlah!!!




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+