5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

27 Februari 2017




5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur – Anda mengalami susah tidur? Bolak-balik sana-sini tetapi masih tetap saja tidak bisa tidur. Hal tersebut bisa saja menyebabkan Anda tidak mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup. Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, maka hindarilah 5 hal berikut sebelum Anda mencoba tidur.

5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur. Foto: bodybuilding.com

1. Jangan mengkonsumsi obat-obatan

Anda mungkin akan mengalami susah tidur jika sedang kedinginan ataupun alergi, namun kondisi tersebut tidak berarti bahwa Anda harus mengkonsumsi obat-obatan sebelum tidur. Kebanyakan obat OTC mengandung pseudoephedrine yang dapat menyebabkan Anda kesulitan tidur. Jadi, jika Anda sudah merasa sangat putus asa untuk mencoba tidur dan terpaksa mengkonsumsi obat-obatan, pilihlah obat yang khusus untuk digunakan pada malam hari (seperti Benadryl, NyQuil, atau Zyrtec), karena obat tersebut biasanya mengandung antihistamin.

2. Jangan Menggunakan Gadget

Menonton TV, surfing internet, ataupun bermain gadget sebelum tidur dapat membuat Anda merasa sulit ingin tidur. Hal ini dikarenakan cahaya yang dipancarkan oleh perangkat dapat merangsang otak, sehingga dapat mempersulit Anda untuk tidur. Sebaliknya, sebelum tidur sebaiknya Anda harus rileks, cobalah membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, atau bermeditasi.

3. Jangan Mandi Sebelum Tidur

Mandi berendam di air hangat memang dapat membuat Anda menjadi tenang dan rileks. Namun, jika Anda berniat tidur setelah mandi, maka hal ini sangat tidak disarankan. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda sehingga perlu waktu lagi agar suhu badan kembali normal dan Anda bisa beristirahat dengan tenang.

4. Jangan Ngemil Sebelum Tidur

Tidur dengan perut kekenyangan hanya akan mempersulit Anda untuk tidur. Bahkan, proses pencernaan pada makanan tidak sehat, asin, berminyak, atau tinggi lemak sebelum Anda tidur dapat merangsang gelombang otak dan kemungkinan besar akan menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk.

5. Jangan Mengkonsumsi Kafein

Kafein membantu Anda tetap terjaga. Jadi, untuk apa Anda mengkonsumsi kafein sebelum tidur? Dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan Kapan Waktu yang Terbaik Minum Kopi, jadi minumlah pada waktu yang tepat saja. Untuk tidur yang lebih nyenyak, hindari makanan dan minuman berkafein dan cobalah menenangkan diri dengan meminum lemon tea pada sore atau malam hari sebagai gantinya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+