5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

26 Juli 2017

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati – Hati merupakan pusat dari kekuatan organ tubuh. Hati berfungsi melakukan berbagai tugas penting, mulai dari memproduksi protein, kolesterol, dan empedu hingga menyimpan vitamin, mineral, dan bahkan karbohidrat. Selain itu, hati juga berfungsi memecah racun seperti alkohol, obat-obatan, dan produk sampingan alami dari metabolisme. Dengan menjaga kesehatan hati, tentu Anda juga akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini akan diulas 5 makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati.

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang bisa Anda minum untuk meningkatkan kesehatan hati. Berbagai penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko sirosis (kerusakan hati permanen) pada orang dengan penyakit hati kronis.

Selain itu, kopi juga disebutkan dapat menurunkan risiko kematian pada orang dengan penyakit hati kronis hanya dengan meminum setidaknya 3 cangkir kopi per hari. Manfaat tersebut tampaknya berasal dari kemampuan kopi untuk mencegah penumpukan lemak dan kolagen. Kopi juga menurunkan peradangan dan meningkatkan kadar antioksidan glutathione. Antioksidan berfungsi menetralkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.

2. Teh

Teh secara luas telah diakui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah studi besar di Jepang menemukan bahwa minum 5-10 cangkir teh hijau per hari dikaitkan dengan meningkatnya penanda darah kesehatan hati. Sebuah studi yang lebih kecil pada pasien penyakit hati berlemak non-alkohol menemukan bahwa minum teh hijau antioksidan tinggi selama 12 minggu meningkatkan tingkat enzim hati dan juga dapat mengurangi stres oksidatif dan timbunan lemak di hati.

Selanjutnya, ulasan lain menemukan bahwa orang yang minum teh hijau cenderung tidak mengembangkan kanker hati. Risiko terendah terlihat pada orang yang minum 4 gelas atau lebih per hari.

3. Grapefruit (Jeruk Bali)

Jeruk bali mengandung antioksidan yang secara alami berfungsi melindungi hati. Dua antioksidan utama yang ditemukan pada jeruk bali adalah naringenin dan naringin. Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa keduanya mampu membantu melindungi hati dari kerusakan.

Efek perlindungan dari jeruk bali diketahui terjadi dalam 2 cara, yaitu dengan mengurangi peradangan dan dengan melindungi sel.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat mengurangi perkembangan fibrosis hati (kondisi berbahaya dimana jaringan ikat yang berlebihan terbentuk di hati). Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh peradangan kronis.

4. Bluberi dan Kranberi

Bluberi dan kranberi sama-sama mengandung antosianin (antioksidan yang memberi warna khas pada buah). Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa seluruh kranberi dan bluberi, serta ekstrak atau jusnya, dapat membantu menjaga kesehatan hati.

Mengkonsumsi buah ini selama 3-4 minggu dapat melindungi hati dari kerusakan. Selain itu, bluberi dapat membantu meningkatkan respon sel imun dan enzim antioksidan.

Penelitian lain menemukan bahwa jenis antioksidan yang ditemukan umumnya pada buah beri dapat memperlambat perkembangan lesi dan fibrosis (perkembangan jaringan parut) pada hati tikus.

Terlebih lagi, ekstrak bluberi bahkan telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati manusia dalam studi percobaan tabung.

5. Anggur

Anggur, terutama anggur merah dan ungu, mengandung berbagai senyawa tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu yang paling terkenal adalah resveratrol yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Banyak penelitian pada hewan menunjukkan bahwa anggur dan jus anggur sangat bermanfaat bagi hati. Studi telah menemukan bahwa anggur memiliki berbagai manfaat, terutama menurunkan peradangan, mencegah kerusakan, dan meningkatkan tingkat antioksidan.

Sebuah studi kecil pada manusia dengan NAFLD menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak biji anggur selama 3 bulan dapat memperbaiki fungsi hati. Namun, karena ekstrak biji anggur adalah buah anggur yang terkonsentrasi, Anda mungkin tidak melihat efek yang sama pada saat mengkonsumsi anggur secara keseluruhan.

Meskipun demikian, berbagai bukti dari hewan dan beberapa penelitian manusia menunjukkan bahwa buah anggur adalah makanan yang sangat ramah bagi hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+