5 Makanan yang Bisa Membakar Lemak di Tubuh

13 Juni 2017

5 Makanan yang Bisa Membakar Lemak di Tubuh – Meningkatkan tingkat metabolisme dapat membantu Anda menghilangkan kandungan lemak di tubuh. Namun, kebanyakan suplemen “pembakaran lemak” di pasaran tidak aman dan tidak efektif. Untungnya, ada beberapa makanan dan minuman alami yang telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak di tubuh. Berikut 5 makanan yang bisa membakar lemak di tubuh.

5 Makanan yang Bisa Membakar Lemak di Tubuh

5 Makanan yang Bisa Membakar Lemak di Tubuh

5 Makanan yang Bisa Membakar Lemak di Tubuh. Foto: authoritynutrition.com

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak sangat lezat dan sangat baik bagi tubuh Anda. Salmon, herring, sarden, ikan tenggiri, dan ikan berlemak lainnya mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, asam lemak omega-3 juga bisa membantu Anda menurunkan lemak tubuh.

Dalam sebuah studi terkontrol enam minggu pada 44 orang dewasa, mereka yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan kehilangan lemak rata-rata 1,1 pon (0,5 kilogram) dan mengalami penurunan kortisol (hormon stres yang terkait dengan penyimpanan lemak).

Terlebih lagi, ikan merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Mengkonsumsi protein dapat meningkatkan perasaan kenyang dan meningkatkan tingkat metabolisme secara signifikan lebih banyak daripada mencerna lemak atau karbohidrat.

Untuk meningkatkan pembakaran lemak dan melindungi kesehatan jantung, sertakan minimal 3,5 ons (100 gram) ikan berlemak dalam diet Anda setidaknya 2 kali seminggu.

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kehilangan lemak. Ikan juga kaya protein, yang membantu Anda merasa kenyang dan meningkatkan tingkat metabolisme selama proses pencernaan.

2. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di seluruh dunia. Kopi merupakan sumber kafein yang dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kinerja mental dan fisik. Selain itu, kopi juga dapat membakar lemak.

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 9 orang, mereka yang mengonsumsi kafein satu jam sebelum berolahraga dapat membakar 2 kali lebih banyak lemak dan dapat berolahraga 17% lebih lama daripada kelompok yang tidak mengkonsumsi kafein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebanyak 3-13% , tergantung pada jumlah yang dikonsumsi dan respons individual.

Untuk mendapatkan manfaat pembakaran lemak dari kafein tanpa efek samping seperti kecemasan atau insomnia, bisa mengkonsumsi sebanyak 100-400 mg per hari. Jumlah tersebut ditemukan di sekitar 1-4 cangkir kopi, tergantung kekuatannya.

Kopi mengandung kafein, yang telah terbukti dapat meningkatkan kinerja mental dan fisik, selain meningkatkan metabolisme.

3. Telur

Telur adalah pembangkit tenaga gizi. Meskipun kuning telur dulunya dihindari karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, telur utuh sebenarnya telah terbukti membantu melindungi kesehatan jantung pada peningkatan risiko penyakit. Selain itu, telur adalah makanan pembasmi berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan mengandung telur dapat meningkatkan perasaan kenyang selama beberapa jam pada orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Dalam sebuah penelitian lain selama 8 minggu terkontrol pada 21 pria, mereka yang makan 3 telur pada sarapan pagi penurunan lemak tubuh sebesar 16% lebih besar, dibandingkan dengan kelompok yang makan sarapan bagel.

Telur juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang meningkatkan tingkat metabolisme sekitar 20-35% selama beberapa jam setelah makan.

Telur adalah makanan berprotein tinggi yang dapat membantu mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa penuh di dalam perut, meningkatkan pembakaran lemak dan melindungi kesehatan jantung.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sarat dengan manfaat kesehatan. Menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar trigliserida. Selain itu, juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, pria gemuk yang menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa per hari ke dalam makanan rata-rata kehilangan 1 inci (2,5 cm) dari lebar pinggang mereka tanpa melakukan perubahan diet atau meningkatkan aktivitas fisik.

Lemak pada minyak kelapa sebagian besar adalah MCT, yang telah dikreditkan dengan sifat penekan nafsu makan dan pembakaran lemak.

Oleh karena itu, mengkonsumsi hingga 2 sendok makan minyak kelapa setiap hari bisa membantu memaksimalkan pembakaran lemak. Untuk itu, pastikan memulai dengan satu sendok teh terlebih dahulu secara bertahap untuk menghindari ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

Minyak kelapa kaya akan MCT, yang dapat meningkatkan metabolisme Anda, mengurangi nafsu makan, meningkatkan kehilangan lemak dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

5. Teh Hijau (Green Tea)

Teh hijau merupakan pilihan minuman yang sangat baik untuk kesehatan. Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi dari beberapa tipe kanker tertentu. Selain menyediakan jumlah kafein dalam jumlah sedang, teh hijau adalah sumber epigallocatechin gallate (EGCG) terbaik, antioksidan yang meningkatkan pembakaran lemak dan hilangnya lemak perut.

Dalam sebuah studi terhadap 12 pria sehat, pembakaran lemak selama bersepeda meningkat sebesar 17% pada mereka yang mengonsumsi ekstrak teh hijau, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Teh hijau mengandung kafein dan EGCG, yang keduanya dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan penurunan berat badan, melindungi kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.

Nah, itulah 5 Makanan yang Bisa Membakar Lemak di Tubuh yang bisa dicoba rumah masing-masing untuk mengurangi berat badan. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+