5 Manfaat Pisang yang Telah Terbukti Bagi Kesehatan

17 Juni 2017

Pisang adalah makanan sangat sangat sehat dan lezat. Pisang mengandung beberapa nutrisi penting dan memiliki manfaat pada pencernaan, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan. Selain sangat bergizi, pisang juga merupakan makanan ringan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini 5 Manfaat Pisang yang Telah Terbukti Bagi Kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah.

Selain pisang, tentu ada juga buah lain yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya semangka. Mari simak di 9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan.

5 Manfaat Pisang yang Telah Terbukti Bagi Kesehatan

5 Manfaat Pisang yang Telah Terbukti Bagi Kesehatan

5 Manfaat Pisang yang Telah Terbukti Bagi Kesehatan

1. Pisang Mengandung Banyak Nutrisi Penting

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di Bumi. Berasal dari Asia Tenggara, pisang sekarang tumbuh di banyak belahan dunia. Ada banyak jenis pisang yang tersedia, yang berbeda warna, ukuran, dan bentuknya. Jenis yang paling umum adalah pisang kuning yang berwarna hijau saat belum matang.

Pisang mengandung cukup banyak serat, serta beberapa antioksidan. Satu pisang berukuran sedang (118 gram) dapat mengandung beberapa zat berikut:

  • Kalium: 9% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Vitamin B6: 33% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Vitamin C: 11% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Magnesium: 8% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Tembaga: 10% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Mangan: 14% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Karbohidrat bersih: 24 gram.
  • Serat: 3,1 gram.
  • Protein: 1,3 gram.
  • Lemak: 0,4 gram.

Setiap pisang mengandung hanya sekitar 105 kalori, dan hampir sepenuhnya terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang mengandung protein yang sangat sedikit. Karbohidrat pada pisang mentah (hijau) sebagian besar terdiri dari pati, namun saat pisang matang, pati menjadi gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa).

Intinya: Pisang kaya akan serat, antioksidan, dan beberapa nutrisi. Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori.

2. Pisang Mengandung Nutrisi Gula Darah Rendah

Pisang kaya akan serat yang disebut pektin. Pisang mentah mengandung pati resistan yang berfungsi seperti serat larut. Baik pektin maupun pati resistan dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.

Selain itu, pisang juga memiliki peringkat indeks glikemik rendah sampai sedang. Indeks glikemik merupakan ukuran (dari 0-100) dari seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Nilai glikemik pisang mentah adalah sekitar 30, sedangkan pisang matang berada pada posisi sekitar 60. Nilai rata-rata semua pisang adalah 51. Hal tersebut berarti pisang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada individu sehat.

Namun, hal ini mungkin tidak berlaku untuk penderita diabetes. Usahakan untuk menghindari memakan banyak pisang matang karena indeks glikemik yang ada pada posisi sekitar 60.

Intinya: Pisang mengandung nutrisi yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Pisang juga mampu mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.

3. Pisang Bisa Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Serat makanan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk perbaikan pencernaan. Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat, sehingga menjadikan pisang sebagai sumber serat yang cukup baik. Pisang mengandung terutama dua jenis serat, yaitu pektin (berkurang saat pisang matang) dan pati resistan (ditemukan pada pisang mentah).

Selain itu, dalam beberapa studi sel juga menyatakan bahwa pektin dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker usus besar.

Intinya: Pisang kaya akan serat dan pati resistan yang bisa memberi makan bakteri usus yang ramah dan membantu melindungi dari kanker usus besar.

4. Pisang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun tidak ada penelitian langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, pisang memang memiliki beberapa kandungan yang seharusnya mampu menurunkan berat badan. Pisang relatif mengandung sedikit kalori. Pisang rata-rata mengandung lebih dari 100 kalori, namun juga sangat bergizi dan mengenyangkan. Pisang juga kaya akan serat. Mengonsumsi lebih banyak serat dari buah dan sayuran telah berulang kali dikaitkan dengan penurunan berat badan. Selain itu, pisang mentah mengandung pati resistan yang dapat membuat kenyang dan bisa mengurangi nafsu makan.

Intinya: Pisang bisa membantu menurunkan berat badan. Pisang rendah akan kalori, tinggi nutrisi dan serat, dan memiliki efek mengurangi selera makan.

5. Pisang Bisa Membantu Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung, terutama pengendalian tekanan darah. Namun, terlepas dari pentingnya kalium, kebanyakan orang tidak mendapatkan kalium yang cukup dalam makanan mereka.

Pisang adalah sumber kalium yang banyak. Satu pisang berukuran sedang (118 gram) mengandung 9% dari jumlah kalium yang diperlukan tubuh dalam sehari. Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung 27% lebih rendah dibanding orang yang tidak makan kalium.

Selain itu, pisang juga mengandung magnesium dalam jumlah yang banyak. Magnesium juga merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung.

Intinya: Pisang adalah sumber makanan kalium dan magnesium yang baik, dua nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

Nah, itulah 5 Manfaat Pisang yang Telah Terbukti Bagi Kesehatan. Dari sekian banyak manfaat tersebut, tentu masih banyak lagi manfaat pisang bagi kesehatan yang belum disebutkan dalam artikel ini. Yang pasti, konsumsilah pisang setiap hari karena banyak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+