5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

18 Maret 2017




5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur – Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi FSH atau LH Estrogen-Progesteron. Periode menstruasi sangat penting dalam hal reproduksi. Pada wanita, hal ini biasanya terjadi setiap bulan dari remaja hingga memasuki masa menopause.

Umumnya, siklus menstruasi rata-rata sekitar 28 hari. Meskipun begitu, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari, bahkan lebih dari 15 hari.

Menstruasi yang lancar atau teratur adalah hal yang sangat melegakan bagi para wanita. Namun, tidak sedikit dari wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur. Berikut 5 penyebab menstruasi tidak teratur.

5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

#1 Diet Ketat

Biasanya banyak wanita yang ingin tampil dengan tubuh yang ideal dan bagus, bahkan tidak sedikit yang rela melakukan diet ketat. Sayangnya, diet yang berlebihan dapat membuat haid menjadi tidak lancar. Hal ini dikarenakan tubuh banyak kehilangan sumber gizi dan asupan nutrisi dari makanan yang seharusnya dikonsumsi.

#2 Penuruan Berat Badan

Penurunan berat badan juga bisa membuat haid menjadi tidak teratur. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi melepaskan hormon ketika seorang wanita harus menstruasi bekerja dengan tidak sempurna, sehingga akan mempengaruhi waktu haid.

#3 Stres

Stres adalah salah satu gangguan psikologis dan disebutkan bahwa gangguan psikologis dapat mengganggu siklus menstruasi. Jika wanita merasa stres, maka hormon yang bekerja dalam tubuh menjadi tidak sempurna, sehingga akhirnya dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

#4 Kelelahan

Kelelahan dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur karena secara tidak langsung dapat menyebabkan atau mengundang rasa stres.

#5 Ketidakstabilan Hormon

Hormon yang tidak stabil juga bisa menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Ketidakstabilan hormon akan membuat jaringan kanal ovarium terlambat untuk melepaskan sel telur, sehingga akhirnya akan menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Jika Anda seorang wanita yang sering mengalami ketidakteraturan menstruasi, jangan pernah menganggapnya sepele. Tidak sedikit wanita yang mendapatkan penyakit berawal dari telatnya menstruasi yang terjadi terus menerus. Jadi, jika Anda sering mengalami keterlambatan menstruasi, segera lakukan pengobatan atau berkonsultasilah dengan orang yang lebih ahli.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+