Aneka Resep Kue Wortel yang Disukai Anak-Anak

16 Oktober 2017

Anak kecil itu biasanya suka makanan yang bentuknya unik. Nah, pada kesempatan ini kita akan membuat aneka resep kue yang unik juga. Namanya kue wortel. Bentuknya memang persis wortel. Dari kejauhan tidak tampak perbedaan antara wortel betulan dengan yang dalam bentuk kue. Kalau kamu tertarik mau bikin, ayo mulai dari bahan-bahannya dulu.

Aneka Resep Kue Wortel yang Disukai Anak-Anak

Ilustrasi Aneka Resep Kue Wortel yang Disukai Anak-Anak

Bahan-Bahan

  • Tepung ketan sekiranya 250 gram
  • Kentang kukus seberat 100 gram yang sudah dihaluskan
  • Gula pasir sekiranya 120 gram
  • Daun pisang secukupnya
  • Garam secukupnya saja
  • Pasta orange bentuk lonjong
  • Santan yang sudah dihangatkan secukupnya
  • Kacang hijau yang sudah direndam dan dikupas sekiranya 150 gram
  • 1 sendok makan blueband

Cara Membuat

  1. Kacang hijau yang sudah dikupas tadi langsung dikukus saja bareng dengan gula. Aduk mereka sampai benar-benar larut gulanya. Jangan lupa tambahkan blueband setelah mereka larut. Setelah merata, dinginkan mereka dan taruh ke wadah biar nanti bisa langsung dipakai untuk isi kue.
  2. Bikin calon kulit wortelnya biar kelihatan lonjong dan berwarna orange. Caranya uleni tepung ketan, kentang halus, gula pasir, dan juga santan hangat. Uleni sampai betul-betul bisa dibentuk lonjong persis wortel. Jangan lupa juga agar persis lonjong, taruh hasil ulenan ke pasta orange.
  3. Setelah kulit wortes sudah siap, isi dengan campuran yang sudah kita bikin di poin nomor pertama. Isi sampai merata. Kalau bisa tidak terlalu berongga, tetapi juga tidak terlalu tetal. Biar hasilnya nanti bisa sesuai yang diinginkan. Idealnya begitu. Kalau terlalu longgar, nanti kepadatan hasilnya akan meragukan.
  4. Biar lebih enak dan memiliki bau yang khas, alasi calon kue wortel dengan daun. Kenapa disarankan pakai daun pisang? Soalnya mudah digulung. Pastikan pula ambil daun pisang kapok saja yang lemas teksturnya. Kemudian dikukus. Jangan lupa, buka secara berkala. Biar isi wortel tidak dikhawatirkan meluber.
  5. Tunggu beberapa menit setelah ada tanda-tanda aroma enak keluar menggoda hidung. Kalau sudah tercium aroma dan uapnya semakin banyak keluar biasanya tidak lama lagi diangkat. Tapi untuk memastikan, tes mereka pakai sendok. Kalau kelenturannya sudah pas, baru diangkat.
  6. Sajikan di piring atau loyang favorit. Biarkan beberapa saat agar panasnya berkurang. Kamu bisa beri toping dengan daun-daun seadanya di dapur. Kan bentuk wortel itu baru lengkap kalau pada pangkalnya dipakaikan sepasang daun berwarna hijau. Bisa pakai daun seledri, misalnya. Biar makanan semakin unik hasilnya.

Setelah semuanya siap, panggil anak-anak. Panggil juga suami kamu yang mungkin lagi keasyikan menonton siaran berita yang selalu bikin kamu ngantuk. Panggil mereka semua. Pamer juga boleh kalau kue wortel itu dibikin dari aneka resep kue bikinan sendiri. Meski kenyataannya menyontek di internet. Yang penting kamu bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+