8 Bahaya Makan Mie Instan untuk Kesehatan

29 Januari 2017




8 Bahaya Makan Mie Instan untuk Kesehatan – Mie instan adalah makanan cepat saji yang sangat digemari oleh masyarakat. Biasanya, makanan ini sering kali dimakan oleh para siswa, anak kos, dan orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Mie instan memiliki rasa yang enak dan lezat, namun dibalik rasanya yang enak tersebut, mengkonsumsi mie instan secara rutin ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Banyak orang tua yang tidak tahu bahwa mie instan sangat berbahaya sehingga mereka tidak peduli ketika anak-anak mereka mengkonsumsi makanan ini. Bahaya mie instan bagi kesehatan memang tidak langsung terlihat, namun hal yang tidak enak seperti kembung, gas, gangguan pencernaan, dan lain-lain akan segera dirasakan.

Bahaya Makan Mie Instan

Bahaya Makan Mie Instan

Mengapa bahaya mie instan bagi kesehatan sangat besar?

Mie instan yang terbuat dari karbohidrat olahan mengandung sedikit serat. Hal ini akan menyebabkan peningkatan gula darah, penambahan berat badan dengan cepat, dan beberapa masalah kesehatan lain yang sangat berbahaya. Selain itu, mie instan juga mengandung pewarna dan pengawet yang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Berikut beberapa bahaya makan mie instan bagi kesehatan.

8 Bahaya Makan Mie Instan untuk Kesehatan

1. Merusak/Mengganggu Sistem Pencernaan

Anda suka makanan cepat saji? Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut, cukup sekali sebulan saja. Kenapa? Karena makan mie instan secara rutin akan membuat masalah pencernaan Anda. Anda akan merasa sakit perut, diare, maag, kembung, dan perasaan tidak enak lainnya.

2. Tekanan Darah Tinggi

Mie instan mengandung banyak sodium yang bisa merangsang peningkatan tekanan darah, kerusakan ginjal, serta retensi cairan di tangan dan kaki. Bahaya makan mie instan akan sangat berbahaya bagi mereka yang telah mengalami tekanan darah tinggi dan masalah ginjal sebelumnya.

3. Memperlambat Metabolisme Tubuh

Selanjutnya, bahaya mie instan untuk kesehatan adalah memperlambat metabolisme tubuh. Dengan semakin lambatnya metabolisme tubuh, maka akan terjadi peningkatan berat badan secara drastis sebagai efek dari racun yang terakumulasi dalam tubuh. Racun dalam mie instan berasal dari rasa, warna, dan pengawet yang terkandung di dalamnya.

4. Mono Sodium Glutamat (MSG)

Bahaya mie instan selanjutnya berasal dari MSG atau monosodium glutamat yang terdapat dalam mie instan. MSG yang ditambahkan dalam mie instan dapat menjadikan rasanya menjadi lezat. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa MSG berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan otak, penyakit ginjal, dan penyakit lainnya. Orang yang alergi terhadap mie instan kadang-kadang juga mengalami nyeri dada, sakit kepala, dan masalah lainnya.

5. Mengandung Wax/Lilin

Wax adalah salah satu bahan yang menyebabkan mie instan berbahaya. Wax merupakan zat yang digunakan untuk mencegah mie menggumpal. Ketika Anda merendam mie instan dalam air panas pada saat memasak, maka akan terlihat lapisan lilin mengambang di permukaan air. Kandungan lilin dari mie instan tersebut dapat menjadi penyebab masalah perut dan sembelit.

Baca juga: 8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan

6. Kanker

Bahaya mie instan berikutnya adalah mengandung beberapa zat yang dikenal sebagai pemicu kanker, terutama mie instan yang dikemas dalam cup/gelas. Gelas mie tersebut mengandung banyak sekali zat berbahaya dan dalam waktu tertentu dapat bercampur dengan mie yang dikemasnya.

7. Kerusakan Hati

Mie instan tidak hanya mengandung lilin, tetapi juga mengandung humektan yang merupakan zat antibeku pada mie. Zat ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Bahkan, zat ini juga dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

8. Gas, Kembung, dan Masalah Pencernaan Lain

Mie instan sangat mudah dibuat dan disajikan. Namun, Anda perlu tahu bahwa mie instan sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Mie yang dimakan cenderung menempel pada usus, sehingga sering menyebabkan penumpukan gas di dalam perut.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+