8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan

17 Januari 2017




8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan – Mungkin agak sulit mengatakan seseorang tidur terlalu lama atau tidak karena kondisi setiap orang berbeda-beda. Selain itu, juga tidak ada angka yang pasti tentang berapa lama kita harus tidur. Namun menurut studi, kebanyakan orang dewasa membutuhkan tidur antara 7-9 jam setiap malam agar tubuh mereka benar-benar merasakan sedang beristirahat.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita tetapkan bahwa lama waktu tidur untuk normal adalah sekitar 9 jam. Jika lebih dari itu, mungkin ada banyak bahaya dan penyakit yang akan mengintai jika kita tidur lebih dari waktu standar orang tua tidur. Berikut adalah beberapa risiko atau bahaya dari tidur terlalu lama:

Bahaya Tidur Terlalu Lama

Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan

1. Tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko depresi

Dalam studi mengunakan orang dewasa kembar, peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang panjang meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala depresi. Peserta penelitian yang tidur antara 7-9 jam semalam memiliki kemungkinan 27% mengalami gejala depresi, sementara mereka yang tidur lebih dari 9 jam memiliki kemungkinan 49%.

2. Tidur terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan otak

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa di antara wanita lansia yang tidur terlalu banyak (atau terlalu sedikit) selama periode 6 tahun dapat memperburuk fungsi otak. Wanita yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam (atau kurang dari 5 jam) menunjukkan perubahan di otak mereka setara dengan penuaan dua tahun.

4. Tidur terlalu lama bisa mempengaruhi tingkat kesuburan (mempersulit kehamilan)

Sebuah tim peneliti Korea pada tahun 2013 menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 650 wanita yang menjalani fertilisasi in vitro. Mereka menemukan bahwa tingkat kehamilan tertinggi di antara para wanita tersebut didapat dari wanita yang tidur 7-8 jam setiap malam dan tingkat kehamilan terendah didapat pada wanita yang tidur 9-11 jam setiap malam.

5. Tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko diabetes

Dalam sebuah penelitian kecil dari Quebec, peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam semalam selama periode 6 tahun memiliki peluang 2x lebih besar mengalami diabetes tipe 2 atau gangguan toleransi glukosa dibandingkan orang yang tidur antara 7-8 jam setiap malam.

6. Tidur terlalu lama dapat menyebabkan obesitas

Pada penelitian di Quebec selama periode 6 tahun, peneliti menemukan bahwa tidur terlalu sebentar atau lama dapat meningkatkan kemungkinan obesitas sebanyak 25% dibandingkan dengan mereka yang tidur 9-10 jam dalam sehari.

7. Tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung

Dalam presentasi penelitian American College of Cardiology tahun 2012, tidur 8 jam atau lebih setiap malam dapat meningkatkan risiko masalah jantung. Para peneliti menganalisis data dari lebih dari 3.000 orang dan menemukan bahwa orang yang tidur terlalu lama memiliki 2 kali risiko angina dan 1,1 kali risiko penyakit arteri koroner.

8. Tidur terlalu lama dapat menyebabkan kematian

Dalam review dari 16 studi yang berbeda, peneliti menemukan peningkatan risiko kematian di antara kedua pemuda yang tidur terlalu singkat dan terlalu lama. Tidur lebih dari 8 jam setiap malam dapat meningkatkan kemungkinan kematian 1,3 kali lebih besar.

Terlepas dari efek buruk yang diakibatkan terlalu lama tidur di atas. Para ahli merekomendasikan untuk menjaga waktu tidur dan waktu bangun setiap hari. Mereka juga merekomendasikan untuk menghindari kafein dan alkohol pada saat waktu tidur. Berolahraga secara teratur dan membuat lingkungan kamar tidur menjadi nyaman akan membantu kita untuk mendapatkan istirahat atau tidur yang berkualitas.

Oh ya, kalau kalian biasanya tidur berapa jam dalam sehari?




1 komentar pada artikel "8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+