Cara Cepat Mengatasi Mimisan pada Anak dan Dewasa

25 Maret 2017

Cara Cepat Mengatasi Mimisan pada Anak dan Dewasa – Mimisan – kondisi keluarnya darah melalui hidung –  bisa jadi adalah hal yang menakutkan, memalukan, dan sedikit kotor. Namun, kebenarannya, ternyata mimisan adalah salah satu fenomena tubuh yang umumnya sering terjadi pada anak maupun orang dewasa. Meskipun, untungnya, mimisan sangat jarang ditemukan sebagai suatu tanda penyakit yang serius.

Menurut Joseph K. Han, MD, direktur Divisi Rhinology dan Endoscopic Sinus-Skull Basis Bedah dan Alergi di Eastern Virginia Medical School, kondisi mimisan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda.

Penyebab yang paling umum adalah karena adanya kekeringan pada mukosa hidung. Mukosa merupakan permukaan lembab yang melapisi hidung yang berfungsi untuk menjaga kelembapan hidung karena pada bagian tersebut banyak memiliki pembuluh darah. Itulah alasan kenapa pada kondisi udara kering dapat menyebabkan terjadinya pengeringan pada bagian mukosa hidung sehingga terjadi mimisan.

Penyebab umum lainnya disebabkan karena adanya garukan (mengupil) – umumnya seringkali dilakukan oleh anak-anak –  pada bagian kulit hidung secara berulang yang mengakibatkan terjadinya erosi pada bagian mukosa.

Cara Cepat Mengatasi Mimisan pada Anak dan Dewasa

Cara Cepat Mengatasi Mimisan pada Anak dan Dewasa. Foto: tiphero

Saran Terbaik untuk Mencegah Mimisan

Dr. Han mengatakan bahwa cara terbaik untuk mencegah mimisan adalah dengan cara mencegah terjadinya mimisan, yaitu dengan cara menghindari terjadinya dehidrasi pada lapisan hidung pada saat udara kering. Beliau juga menyarankan untuk menggunakan humidifier dan pelembab hidung yang berfungsi mengatasi kekeringan pada bagian mukosa hidung.

Cara Cepat Mengatasi Mimisan pada Anak dan Dewasa

Jika terjadi mimisan, maka jangan panik. Dr Han merekomendasikan untuk mencubit/menekan hidung pada daerah di bawah tulang hidung yang mana merupakan tempat mengalirnya darah dari hidung.

Selain itu, Anda juga harus duduk dan memposisikan kepada sedikit ke depan, serta menggunakan tisu untuk menahan darah agar tidak berceceran. Beliau menghimbau agar tidak bersandar ke belakang, karena posisi bersandar ke belakang dapat menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan sehingga dapat menyebabkan sakit perut.

Apakah Mimisan Menjadi Tanda Adanya Penyakit yang Serius?

Dr. Han menyebutkan bahwa penyebab paling umum dari pendarahan hidung adalah karena adanya pendarahan dari pembuluh darah di bagian depan hidung, yang akan menyebabkan tetesan kecil darah. Saat Anda mengalami mimisan dengan aliran darah yang sangat banyak, itu bisa saja menjadi tanpa penyakit yang serius atau berbahaya.

Beberapa penyebab umum mimisan berat adalah adanya fraktur nasal  – tulang hidung patah – (biasanya disebabkan karena terjatuh dan kemudian lantai menghantam pada bagian wajah), tumor, atau gangguan perdarahan. Selain itu, orang dengan tekanan darah tinggi juga memiliki kemungkinan mengalami aliran darah yang banyak pada saat mimisan.

Jika mimisan tidak berhenti setelah 15 atau 20 menit, Dr. Han mengatakan bahwa Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut. Pemeriksaan dilakukan untuk menentukan penyebab dan memungkinkan jika harus diberikan pengobatan, perbaikan pada fraktur hidung, atau kauterisasi untuk menutup pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+