Cara Mencegah Resiko Terserang Penyakit Lupus

26 April 2017




Cara Mencegah Resiko Terserang Penyakit Lupus – Penyakit lupus adalah salah satu penyakit dimana terjadi peradangan kronis pada bagian kulit, ginjal, paru-paru, jantung, sendi, hingga susunan syaraf dan lainnya. Penyakit ini juga merupakan peradangan kronis autorium. Selain itu penyakit lupus biasanya lebih sering menyerang wanita, dan umumnya menyerang saat masa subur. Gejala yang muncul pun sangat beragam, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab penyakit lupus Pasarpolis tersebut agar resiko terserang lupus bisa dihindari.

Secara umum penyakit lupus ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh pada manusia menyerang jaringan sehat yang ada dalam tubuh. Pendeteksian penyakit ini terbilang sulit karena gejala yang ditimbulkan cukup beragam.

Lalu tindakan apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah resiko terserang penyakit lupus tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mencegah Resiko Terserang Penyakit Lupus

Cara Mencegah Resiko Terserang Penyakit Lupus

Cara Mencegah Resiko Terserang Penyakit Lupus

Penerapan Pola Hidup Sehat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit lupus adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, terutama dalam hal makanan. Meskipun begitu bukan berarti Anda bisa mengabaikan kriteria pola hidup sehat lainnya. Untuk pencegahan lupus, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan poin lainnya, seperti olahraga. Lakukanlah olahraga rutin dengan durasi minimal 15 menit tiap harinya. Juga, jangan lupa menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, hindari merokok, dan juga minuman keras ya.

Rutin Melakukan Cek Kesehatan

Tujuan dari cek kesehatan adalah untuk memastikan bahwa tubuh Anda benar-benar dalam kondisi baik. Ketika Anda rutin melakukan check-up, setidaknya Anda bisa tahu bagaimana kondisi kesehatan Anda secara berkala. Dan kalaupun ada masalah kesehatan bisa segera ditangani.

Apabila dalam kondisi sehat maka Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Dengan demikian tubuh tidak akan menerima bahan-bahan kimia yang terkandung dalam obat yang pada dasarnya justru akan menimbulkan masalah baru di lain hari.

Konsumsi Vitamin

Upaya untuk mencegah terserang penyakit lupus selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem imunitas. Vitamin bertugas menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui udara atau makanan. Selain itu vitamin juga berfungsi meningkatkan kinerja organ dalam tubuh. Saat organ tubuh bekerja dengan baik, maka sistem peredaran darah serta sistem detoksifikasi tubuh bisa berjalan dengan normal.

Bangun Lingkungan yang Positif

Selain memperhatikan pola makan, olahraga atau minum vitamin, Anda juga dianjurkan untuk membangun lingkungan yang positif. Sebab lingkungan yang bersih juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda. Tak hanya itu saja, selain lingkungan yang harus bersih, Anda pun juga harus senantiasa berpikir positif agar pikiran dan hati selalu tenang. Tentu Anda sudah tahu bahwa pikiran juga memiliki andil yang besar terhadap kesehatan.

Perlu diketahui bahwa banyak orang yang mengalami penyakit ini, namun ada kondisi dimana penyakit lupus ini tidur. Tidur yang dimaksud di sini adalah penyakit tersebut tidak memberikan gangguan yang menyakitkan bagi si penderita. Akan tetapi ketika pola hidup sehat tidak dijalankan, maka penyakit lupus ini akan kembali menyerang. Karena sangat sulit ditebak, pastikan Anda mengetahui penyebab penyakit lupus Pasarpolis ya.

Demikian tadi beberapa cara mencegah penyakit lupus yang bisa Anda lakukan. Sekilas memang sederhana dan mudah untuk dilakukan, namun pada praktiknya justru dianggap remeh dan akhirnya diabaikan begitu saja. Oleh karena itu bangun kesadaran dalam diri Anda bahwa kesehatan penting untuk dijaga.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+