Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat dan Alami

20 Agustus 2017

Saat ada pertanyaan bagaimana cara mengecilkan perut buncit, mungkin sebagian dari kalian akan berpikir tentang sit-up 100 kali setiap hari, mengurangi kalori secara drastis, membakar lemak, dan lain-lain. Sayangnya, cara tersebut tidak sepenuhnya benar. Faktanya, Anda tidak perlu sit-up sebanyak-banyaknya, mengkonsumsi suplemen, menahan lapar, ataupun sampai melakukan operasi untuk mengecilkan perut buncit. Berikut ini kami bagikan 9 cara mengecilkan perut buncit dengan cepat dan alami tanpa membuat Anda tersiksa.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat dan Alami

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat dan Alami

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat dan Alami. Foto: takeda-kenko.jp

1. Berhenti Melakukan Crunch

Crunch akan memperkuat otot perut, tapi tidak akan membakar lemak perut yang menutupi bagian atas perut. Pernyataan tentang crunch dapat mengecilkan perut buncit ternyata hanyalah sebuah mitos, Anda hanya akan membuang-buang waktu dan usaha Anda dengan melakukan sit-up hingga ratusan kali per hati.

Crunch juga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, bahu, dan mempengaruhi postur tubuh. Anda memang bisa melakukan reverse-crunch untuk mencegah permasalah nyeri yang bisa disebabkan oleh crunch, tapi sekali lagi: crunch tidak dapat mengecilkan perut buncit. Untuk menurunkan lemak perut, Anda memerlukan usaha yang lebih banyak, teruslah membaca artikel ini 😀

2. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan dapat membangun massa otot, mencegah kehilangan otot, dan membantu mengurangi lemak. Untuk membangun kekuatan, latihan squat dan deadlift adalah latihan yang sangat direkomendasikan. Memang, pengurangan spot buncit tidak akan terlihat, karena squat dan deadlifts tidak membakar lemak perut secara langsung. Namun, squat dan deadlifts dapat memperkuat perut dan mengecilkan ukuran pinggang.

3. Kurangi Makan Junk Food (Cepat Saji)

Seperti kata pepatah “Abs are built in the kitchen” (Perut dibangun di dapur – maknanya adalah kesehatan perut tergandung dari apa yang Anda masak dan makan di dapur). Anda memang bisa berlatih keras dan membangun otot perut sebagai usaha untuk mengecilkan perut buncit, tapi jika Anda tetap makan makanan cepat saji setiap hari, maka jangan berharap lemak di perut akan hilang. Cobalah untuk mengurangi intensitas makan makanan cepat saji dan perbanyak makan makanan sehat seperti:

  • Protein: Daging, unggas, ikan, telur, keju
  • Sayuran: Bayam, brokoli, salad, kangkung, kubis
  • Buah-buahan: Pisang, jeruk, apel, nanas, pir
  • Lemak: Minyak zaitun, minyak ikan, mentega nyata, kacang-kacangan, biji rami
  • Karbohidrat: Beras merah, gandum, pasta gandum

Anda tidak perlu harus 100% berhenti makan makanan cepat saji, karena sebenarnya makanan cepat saji dapat membantu mengurangi lemak dengan menjaga agar hormon Anda tetap terjaga. Tapi ingat, jangan berlebihan. Makanlah makanan cepat saji maksimal 10% dari jumlah makan Anda setiap hari.

4. Batasi Konsumsi Alkohol

Sama halnya dengan makanan cepat saji, apa yang Anda minum atau makan tentu berpengaruh terhadap tubuh Anda. Alkohol tentunya adalah pantangan bagi Anda yang ingin mengecilkan perut buncit. Bagi para peminum alkohol, umumnya tubuh mereka akan membentuk buah pir (perut buncit dan adanya payudara jantan), terlebih lagi saat bertambah tua. Alkohol juga dapat menyebabkan hati dan ginjal bekerja keras untuk membersihkan racun sehingga menghalangi tubuh untuk membangun otot.

5. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Memang, Anda membutuhkan karbohidrat untuk energi. Namun, permasalahannya adalah kebanyakan orang makan karbohidrat lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. Tubuh akan menyimpan karbohidrat yang tidak dibutuhkan sebagai lemak dan menyimpannya di bagian perut. Hal inilah yang sering menyebabkan perut buncit.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi banyak makanan sehat tentu tidak akan membuat Anda menjadi gemuk, apalagi jika diikuti dengan latihan 2-3 kali per minggu. Perbanyaklah makan dan Anda tidak perlu menahan lapar karena kelaparan merupakan permasalahan gizi dan menyebabkan Anda kekurangan nutrisi. Nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh, berikut alasannya:

  • Energi – Makanan adalah energi. Tubuh menggunakan makanan untuk mengangkat beban, bekerja, sistem pencernaan, dan kegiatan lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kurangnya makanan berarti Anda akan kekurangan energi.
  • Mengurangi lemak – Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengurangi lemak. Sebagai contoh, protein memiliki efek termik yang tinggi. Semakin tinggi efek termik maka semakin sulit untun dirubah menjadi lemak tubuh. Selain protein, lemak sehat juga memiliki efek untuk mengurangi kandungan lemak dalam tubuh.
  • Mempertahankan otot – Jika Anda kelaparan maka tubuh akan membakar otot untuk energi, sehingga otot dalam tubuh akan semakin berkurang.

7. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Protein memiliki efek termik yang lebih tinggi daripada makanan lainnya, seperti karbohidrat dan lemak. Tubuh akan membakar lebih banyak protein pengolah energi daripada mengolah karbohidrat dan lemak. Itulah sebabnya diet protein tinggi bekerja efektif untuk membakar lemak perut.

8. Konsumsi Lebih Banyak Lemak Sehat

Hal yang membuat tubuh menjadi gemuk sebenarnya adalah nutrisi buruk dan kurang olahraga, bukan lemak. Mengkonsumsi lemak sehat justru sangat membantu, tubuh tidak akan menimbun lemak dengan mudah jika Anda memiliki asupan lemak sehat secara konstan.

Minyak ikan adalah sumber lemak terbaik untuk menurunkan lemak perut. Minyak ikan secara alami dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan lemak. Cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya 6 gram omega-3 setiap harinya.

Lemak yang harus Anda hindari adalah jenis lemak-trans yang ada dalam produk seperti margarin. Lemak-trans sangat buruk bagi kesehatan.

9. Tetap Termotivasi

Usaha akan membuahkan hasil dan kesuksesan. Selalu pantau kemajuan dari usaha Anda dalam mengecilkan perut buncit dan tetaplah termotivasi untuk terus berusaha mengecilkan perut buncit dan mengatasi lemak perut. Jangan hanya membaca posting ini kemudian melupakannya, ambillah tindakan dan selamat perut Anda akan tidak buncit lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+