Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

11 September 2017

Bekas luka lama tentu sangat menggangu penampilan, dapat membuat rasa malu dan menurunkan rasa percaya diri. Bahkan terkadang, bekas luka lama juga dapat mengembalikan ingatan lama tentang kejadian buruk yang sebenarnya ingin dilupakan. Meskipun disebutkan bahwa bekas luka lama sangat sullit untuk dihilangkan, namun tentunya hal tersebut tidak mustahil untuk dilakukan. Berikut ini kami bagikan beberapa cara menghilangkan bekas luka lama secara alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

1. Lemon

Lemon mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jumlah yang banyak dan bisa membantu menghilangkan sel kulit mati dan juga berfungsi sebagai pemutih alami untuk mengurangi bekas luka lama. Jika digunakan secara teratur, lemon akan meringankan bekas luka dan akhirnya mampu menghilangkan seluruh bekas luka. Cara penerapannya adalah dengan bersihkan area di sekitar bekas luka secara menyeluruh dan kemudian oleskan beberapa jus lemon di atasnya dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

2. Madu

Madu sudah digunakan sejak zaman dulu sebagai terapi untuk menghilangkan bekas luka. Madu mampu mengobati luka dan menghilangkan bekas luka dengan cara merangsang proses regenerasi jaringan. Dengan cara tersebut, madu juga disebut dapat menghilangkan bekas jerawat. Untuk menggunakan cara ini, campurkan baking soda dan madu dengan jumlah yang sama lalu oleskan dan pijat pada sekitar kulit bekas luka, kemudian biarkan selama sekitar 5 menit dan tutup daerah luka dengan handuk panas.

3. Bawang

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bawang dapat berfungsi menghilangkan bekas luka lama. Bawang mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat menahan produksi kolagen sehingga bisa membantu menghilangkan bekas luka lama. Cara penggunaannya hanya dengan mengoleskan jus bawang yang diekstrak dari bawang secara langsung atau gunakan ekstrak bawang merah yang tersedia dalam bentuk krim dan gel.

4. Lidah Buaya

Sifat anti-inflamasi pada lidah buaya juga dapat membantu mengurangi bekas luka, mendorong pertumbuhan sel kulit baru serta mengobati semua jenis iritasi kulit. Lidah buaya banyak tersedia dan dijual dalam bentuk gel, krim, dan salep, namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengekstrak gel segar dari daun lidah buaya.

5. Gooseberry

Gooseberry kaya akan Vitamin C yang dapat membantu menghambat proses pembentukan jaringan parut. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu oleskan pasta gooseberry atau bedak ke seluruh kulit yang terkena benturan dengan minyak zaitun. Hal ini akan mencegah pembentukan bekas luka baru sekaligus meringankan bekas luka lama.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan bekas luka lama secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Cara alami tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia. Namun yang perlu jadi perhatian adalah cara alami terkadang memerlukan waktu yang tidak sebentar agar dapat memberikan hasil yang optimal, jadi kuncinya adalah Anda harus sabar dan tetap rutin menggunakan cara-cara alami tersebut.

2 komentar pada artikel "Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami"

  1. Recomended sekali menggunakan bawang. Selain bahannya yang mudah di dapatkan (tinggal pergi ke dapur :D) harganya pun sangat-sangat murah. Tinggal pribadinya yang mau atau tidak menggunakannya.

    Bermanfaat sekali informasi nya pak 🙂

    1. Sigmbi berkata:

      Haha, betul sekali Pak, tinggal pergi ke dapur, tapi jangan lupa minta izin sama bunda 😀
      Terima kasih atas kunjungannya Pak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+