7 Ciri-ciri Orang Pintar yang Wajib Anda Kenali

7 Agustus 2017

Banyak dari kita mungkin mengkategorikan ciri ciri orang pintar berdasarkan pada banyaknya prestasi yang diraih dalam bidang akademik. Betul tidak? Hal itu ada benarnya memang. Namun tahukah Anda, orang pintar tidak hanya diketahui melalui banyak prestasi akademik yang diraihnya. Orang pintar juga dapat dikenali dengan cara berpikir dan kebiasaannya. Berikut 7 ciri-ciri orang pintar yang harus Anda ketahui.

7 Ciri-ciri Orang Pintar yang Wajib Anda Kenali

7 Ciri-ciri Orang Pintar yang Wajib Anda Kenali

7 Ciri-ciri Orang Pintar yang Wajib Anda Kenali

1. Memiliki Rasa Ingi Tahu yang Tinggi

Pada ciri pertama ini mungkin Anda sudah tidak terkejut. Jelaslah, mereka yang pintar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini dikarenakan dari rasa ingin tahu akan mendorong mereka untuk mencari jawaban-jawaban akan suatu hal, dan dari jawaban tersebut lahirlah solusi dari suatu masalah. Biasanya mereka yang memiliki ciri ini tidak akan pernah berhenti mencari jawaban selama jawaban tersebut belum memuaskan rasa ingin tahunya, dan akhirnya mereka dapat menguasai hal tersebut secara menyeluruh.

2. Memiliki Sisi Humoris

Berdasarkan pernyataan dari seorang psikolog dari Universitas Miami di USA Doris Bergen, Ph.D menyatakan bahwa seseorang yang humoris akan memberikan tanggapan yang positif terhadap dirinya dan kehidupannya. Sisi humoris pada diri seseorang akan menjadikannya tangguh dan mudah dalam menghadapi berbagai permasalahan yang menimpanya. Hal ini dikarenakan sisi humoris merupakan suatu yang berhubungan dengan perkembangan kognitif seseorang yang berdampak pada kemampuan mengingat suatu hal dibandingkan kebanyakan orang yang tanpa ada sisi humoris di dalam dirinya.

3. Menghadapi Masalah Secara Bijak

Ciri selanjutnya orang pintar adalah mereka mampu bertindak bijak dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Hal ini dikarenakan cara berpikir orang pintar yang meninjau lebih jauh akibat-akibat yang akan ditimbulkan jika memutuskan permasalahan tanpa meninjau lebih jauh. Orang yang pintar dalam menghadapi permasalahan biasanya tidak tergesa-gesa dan menggunakan kepala dingin dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

4. Suka Tidur Larut Malam

Terdapat suatu penilitian yang menyatakan bahwa mereka yang lebih suka melakukan aktivitas hingga larut malam, rata-rata memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang melakukan pekerjaannya di pagi hari. Meskipun demikian kebiasaan begadang hingga larut malam bukanlah acuan utama orang tersebut memiliki kepintaran di atas rata-rata, namun biasanya orang yang pintar lebih memilih melakukan pekerjaannya di malam hari. Hal ini dikarenakan mereka tidak suka menunda-nunda pekerjaan, jika dapat dilakukan pada malam hari mengapa harus menunggu pada pagi hari. Hal ini pulalah yang menyebabkan mereka sulit tidur sebelum pekerjaannya selesai.

5. Kritis Akan Suatu Hal

Satu lagi yang ciri yang menandakan seseorang itu pintar, yaitu kritis akan suatu hal. Sikap kritis yang dimiliki orang pintar tidak hanya terhadap orang lain, melainkan kritis terhadap diri sendiri pula. Mereka yang memiliki kepintaran memiliki kemampuan bersikap kritis dan tidak sungkan menyatakan bahwa dia telah melakukan sesuatu yang salah. Dari hal inilah akan membangun mereka untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Cenderung Pendiam

Ciri yang satu ini mungkin akan sedikit mengejutkan Anda. Namun jangan salah, mereka yang pintar memng memiliki sifat pendiam. Mungkin hal ini berdasarkan pada suatu beribahasa yang berbunyi “Tong kosong nyaring bunyinya”, yang berarti bahwa orang yang banyak dan asal bicara menandakan kebodohannya. Orang yang pintar biasanya akan menahan diri untuk berbicara kerena mereka sedang membaca situasi disekitarnya dan akan berbicara pada saat yang tepat saja. Selain itu mereka juga memerlukan waktu untuk berpikir tentang apa yang akan mereka bicarakan apakah akan mendapatkan respon sesuai keinginanya atau tidak.

7. Menyukai Musik

Ciri terakhir yang menandakan seseorang pintar adalah pada hal rasa sukanya terhadap musik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa musik memiliki banyak sekali manfaat, terutama jika dipelajari dan diimplementasikan dalam wujud permainan musik. Dalam bermusik baik mendengarkan maupun memainkannya kiita dituntuk untuk fokus dan memperhatikan setiap not, dari inilah otak secara otomatis akan mengalami perkembangan dan membuatnya lebih fokus, sehingga daya ingat menjadi lebih kuat.

Nah itulah beberapa ciri-ciri orang pintar yang perlu kamu tahu, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+