Inilah Efek Buruk Jika Kekurangan Lemak pada Tubuh

23 April 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat siang :D.

Inilah Efek Buruk Jika Kekurangan Lemak pada Tubuh – Tahukah Anda bahwa manusia setidaknya memerlukan sejumlah kecil lemak pada makanan untuk menyediakan asam lemak omega-3 dan omega-6 penting bagi tubuh. Asam lemak omega-3 dan omega-6 tersebut tidak dapat dibuat di dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak. Jika setidaknya Anda kekurangan lemak sebanyak 15% dari total kalori, maka Anda bisa mengalami kekurangan asam lemak esensial serta kekurangan sebagian atau seluruh vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Kekurangan asam lemak esensial dapat diatasi dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak omega-3 dan omega-6. Berikut beberapa dampak negatif jika Anda kekurangan lemak pada tubuh.

Inilah Efek Buruk Jika Kekurangan Lemak pada Tubuh

Inilah Efek Buruk Jika Kekurangan Lemak pada Tubuh

Inilah Efek Buruk Jika Kekurangan Lemak pada Tubuh

Kekurangan Vitamin Larut Lemak

Anda bisa mengalami kekurangan vitamin A, D, E dan K jika tidak memiliki kandungan lemak yang cukup dalam makanan Anda karena tubuh hanya bisa menyerap nutrisi ini bersama lemak. Gejala kekurangan vitamin A bisa termasuk kulit kering, rabun senja, meningkatnya kerentanan terhadap infeksi, dan masalah dengan perkembangan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang lunak dan lemah, dan terlalu sedikit vitamin K dapat menyebabkan peningkatan perdarahan.

Masalah Kulit

Anda membutuhkan asam lemak esensial untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga ketika kandungan lemak di dalam tubuh kurang makan akan dapat menyebabkan masalah pada kulit. Kekurangan asam lemak esensial akan meningkatkan hilangnya air dari kulit yang menyebabkan kulit terlihat kering dan bersisik. Masalah ini juga bisa menyebabkan luka menjadi sulit untuk sembuh.

Masalah Kognitif

Dua jenis asam lemak omega-3, asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sangat penting untuk perkembangan otak. Kekurangan DHA dapat menyebabkan gangguan belajar dan meningkatkan risiko beberapa tipe demensia, salah satunya penyakit Alzheimer. Asam arakidonat lemak omega-6 juga merupakan komponen penting jaringan otak.

EPA dan DHA juga merupakan komponen penting pada retina, sehingga kekurangan asam lemak esensial dapat mempengaruhi penglihatan Anda. DHA membantu membentuk pigmen rhodopsin, yang dibutuhkan oleh otak untuk mengubah cahaya yang menabrak retina menjadi gambar yang Anda lihat. Mesikpun retina dapat “mendaur ulang” dan mempertahankan DHA, bagaimanapun, asupan asam lemak esensial yang rendah sekalipun akan cukup membantu untuk menjaga penglihatan Anda. Menurut dokter mata Gary Heiting, O.D., di AllAboutVision.com, kandungan asam lemak omega-3 dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan risiko mata kering dan degenerasi makula terkait usia.

Nah, itulah beberapa efek buruk jika kekurangan lemak pada tubuh.

Sekian, semoga bermanfaat :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+