Ini Dia 4 Manfaat Donor Darah

23 November 2017

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial yang paling mulia di dunia. Pasalnya, kegiatan donor darah ini dapat memberi harapan hidup bagi siapa saja yang membutuhkan darah. Itu sebabnya, mengapa para pendonor darah terlihat begitu ikhlas saat mendonorkan darahnya. Bahkan, ada sebagian orang yang secara rutin dan rela untuk mendonorkan darahnya.

Donor darah dalam artian memberikan darah, dimana darah kita akan diambil untuk diberikan kepada siapa saja yang membutuhkannya. Lantas, apakah donor darah hanya bermanfaat bagi si penerima donornya saja ? Tentu tidak, karena manfaat donor darah juga berlaku bagi para pendonornya. Nah, yang jadi pertanyaannya, manfaat seperti apakah yang akan kita rasakan setelah mendonorkan darah ? Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut di bawah ini ada 4 manfaat yang akan kalian rasakan pasca donor darah:

Ini Dia 4 Manfaat Donor Darah

Ini Dia 4 Manfaat Donor Darah

1. Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat pertama yang akan kalian rasakan pasca donor darah, yakni dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Berdasarkan dari hasil penelitian, orang yang memberikan donor darah mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular sebanyak 35 %. Berbeda halnya dengan orang yang tidak mau mendonorkan darahnya, dimana mereka sangat rentan terhadap serangan jenis penyakit yang satu ini.

2. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Manfaat kedua yang akan kalian rasakan pasca donor darah, yakni dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Para dokter menyarankan bagi pendonor, untuk melakukan donor darah secara rutin dan teratur. Pasalnya, semakin rutin kalian mendonorkan darah, maka akan semakin kecil pula resiko terkena penyakit kankernya.

3. Regenerasi Sel Darah

Manfaat ketiga yang akan kalian rasakan pasca donor darah, yakni akan terjadi regenerasi alias pembaharuan sel darah di dalam tubuh. Dengan mendonorkan darah secara rutin dan teratur, maka sel darah yang sudah lama akan tergantikan oleh sel darah yang baru. Tentu saja pembaharuan sel darah tersebut, dapat menciptakan kondisi tubuh yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

4. Mendapatkan Pahala Besar

Manfaat terakhir yang akan kalian rasakan pasca donor darah, yakni dapat menstabilkan pikiran. Secara logika, orang yang mendonorkan darah itu adalah orang-orang yang ikhlas dan tanpa meminta imbalan.

Nah, itulah 4 manfaat donor darah yang bisa Anda dapatkan setelah mendonorkan darah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+