Jenis Hewan Kurban yang Bisa Dipilih Masyarakat

10 Juni 2017




Ketika menjelang Idul Adha maka pemandangan yang wajar adalah banyaknya hewan kurban yang ditemukan di pinggir jalan. Dimana bisnis jual hewan kurban tersebut sangat menguntungkan walaupun sifatnya yang musiman hanya setahun sekali. Tetapi ada banyak keuntungan menjual hewan yang nantinya akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat luas ketika lebaran besar yaitu Idul Adha ini.

Jenis Hewan Kurban yang Bisa Dipilih Masyarakat

Jenis Hewan Kurban yang Bisa Dipilih Masyarakat

Tetapi ketika memilih hewan yang dikurbankan tentu saja tidak boleh sembarangan. Ada syarat-syarat khusus yang harus terpenuhi sebelum memilihnya. Misalnya adalah hewan yang sehat dan tidak mengandung penyakit yang nantinya akan membahayakan kepada masyarakat yang menikmati hewan tersebut. Oleh karena itu masyarakat harus selektif memilih hewan untuk kurban yang akan dibelinya dan apabila perlu harus diperiksa terlebih dahulu sehingga tidak akan membahayakan. Hewan tersebut juga harus yang sesuai dengan syariat Islam yang tidak berbahaya seperti dalam kategori hewan haram dan tidak boleh dikonsumsi umat Islam. Sehingga harus memilih hewan halal yang memenuhi syarat kesehatan dan syarat lainnya. Contoh beberapa hewan yang bisa untuk menjadi pilihan hewan yang dikurbankan adalah:

1. Kambing dan Domba

Kedua hewan ini merupakan pilihan yang paling umum diambil oleh masyarakat Indonesia. Dimana keduanya mempunyai nilai yang paling murah diantara hewan untuk kurban lainnya. Kambing ternak tersebut bisa digunakan untuk hewan berkurban karena dagingnya halal dan banyak bisa untuk dibagikan kepada banyak masyarakat. Untuk seekor kambing hanya boleh untuk berkurban satu orang saja dan tidak boleh lebih. Selain kambing hewan lainnya adalah domba peliharaan yang bisa disembelih ketika hari raya kurban. Untuk jenis domba ini juga hanya boleh untuk dikorbankan satu orang saja.

2. Sapi dan Kerbau

Jenis selanjutnya adalah sapi dan juga kerbau yang merupakan hewan lumayan besar terlebih apabila dibandingkan dengan kambing dan domba. Hewan ini mempunyai banyak sekali daging yang akan dihasilkan sehingga bisa untuk dibagikan kepada lebih banyak orang daripada kambing dan domba. Oleh karena itu juga harga dari kedua hewan ini juga lebih mahal, dimana apabila kambing dan domba bisa dibeli dari ratusan hingga 2 jutaan rupiah saja. Untuk sapi dan kerbau ini memerlukan belasan hingga puluhan juta. Sehingga satu kerbau dan sapi bisa digunakan untuk kurban 7 orang.

3. Unta

Hewan selanjutnya yang bisa menjadi hewan untuk kurban adalah unta yang merupakan jenis hewan khas dari Arab. Hewan ini sendiri tidak umum digunakan berkurban di Indonesia tidak seperti kambing dan sapi. Tetapi hewan ini banyak digunakan berkurban oleh orang yang tinggal di Arab sana dan sekali berkurban unta dapat untuk mencakup 10 orang. Pemilihan unta ini juga harus selektif dimana tidak boleh cacat fisik dan telah memenuhi umur untuk dikurbankan.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+