9 Karakteristik Anak Sehat secara Fisik dan Aspek Psikologis

13 Maret 2017

9 Karakteristik Anak Sehat secara Fisik dan Aspek Psikologis – Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka tumbuh secara sehat dan cerdas. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengindetifikasi kesehatan anak sejak dini agar dapat mengatasinya secara cepat jika anak memiliki gangguan.

9 Karakteristik Anak Sehat secara Fisik dan Aspek Psikologis

9 Karakteristik Anak Sehat secara Fisik dan Aspek Psikologis

9 Karakteristik Anak Sehat secara Fisik dan Aspek Psikologis

Menurut beberapa sumber, ada beberapa karakteristik dari anak yang sehat. Setiap orang tua beranggapan anak yang sehat adalah anak yang terlihat ceria, berat badan ideal, pintar, dan memiliki nafsu makan yang baik. Namun, ciri atau karakteristik anak sehat tidak hanya dari segi fisik saja, melainkan juga dalam hal jiwa dan bagaimana anak bersosiaisasi dengan lingkungan mereka. Berikut 9 karakteristik anak sehat secara fisik dan aspek psikologis:

  1. Pertumbuhan yang baik. Pertumbuhan yang baik dapat dilihat dari peningkatan berat badan dan tinggi badan yang teratur dan proporsional
  2. Tingkat perkembangan sesuai dengan tingkat usia. Anda dapat membandingkan kondisi fisik dan mental anak dengan anak-anak seusianya
  3. Tampat aktif, lincah, dan senang
  4. Mata bersih dan tampak bersinar
  5. Nafsu makan yang baik
  6. Bibir dan lidah tampak segar
  7. Pernapasan tidak berbau
  8. Kulit dan rambut tampak bersih dan kering
  9. Mudah beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan lingkungannya

Sederhananya, anak-anak yang sehat dari segi fisik, psikologis, dan sosialisasi adalah:

Secara fisik ditandai dengan tubuh yang sehat dan pertumbuhan fisik yang normal.

Secara psikologis ditandai dengan jiwa anak yang sehat berkembang secara alami, tumbuh cerdas, perasaan sensitif, bersedia untuk bersosialisasi dengan baik.

Secara atau dalam hal sosialisasi ditandai dengan anak tampak aktif dan lincah, ceria dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+