Kenali Penyebab Sakit Kepala Belakang

28 Maret 2017




Kenali Penyebab Sakit Kepala Belakang – Semua orang kebanyakan pernah mengalami masalah keluhan sakit kepala belakang. Sakit kepala memang suatu keluhan yang seringkali ditemui, sebagian besar penyakit yang menyerang tubuh bisa menimbulkan munculnya keluhan berupa sakit kepala. Salah satu keluhan sakit kepala yang seringkali terjadi adalah sakit kepala belakang. Sakit kepala belakang ini memiliki penyebab yang bermacam-macam, mulai dari penyebab ringan karena ketegangan otot, akibat tekanan darah tinggi, atau beberapa penyebab sakit kepala belakang lainnya yang berbahaya seperti gejala tumor otak. Hal ini tentunya mengkhawatirkan, mengingat banyaknya penyakit yang bisa menyebabkan mengalami sakit kepala. Berikut ini beberapa penyebab munculnya sakit kepala belakang.

Kenali penyebab sakit kepala belakang

Kenali Penyebab Sakit Kepala Belakang

Kenali Penyebab Sakit Kepala Belakang. Foto: boldsky

Sakit kepala tipe tegang

Sakit kepala tipe tegang ini adalah salah satu jenis penyakit kepala primer, penyebab sakit kepala ini bisa berasal dari struktur di dalam kepala dan bukan karena penyebab dari luar. Penyebab sakit kepala belakang disebabkan karena kesalahan posisi leher baik ketika bekerja, duduk maupun tidur yang pada nantinya dapat menyebabkan kontraksi otot-otot leher dan berujung pada perangsangan struktur peka nyeri pada leher. Selain itu, nyeri kepala jenis ini bisa saja disebabkan karena kondisi psikis seperti cemas yang kronis dan depresi.

Sakit kepala tipe tegang ini sebenarnya tidak memerlukan suatu penanganan berupa pemberian obat-obatan anti nyeri, hanya perlu dengan menangani penyebab yang mendasari penyebab sakit kepala tersebut. Anda juga perlu memperhatikan sikap dan posisi ketika bekerja dan ketika melakukan berbagai macam aktivitas lainnya, hal ini juga berlaku ketika beristirahat. Sikap dan posisi yang kurang benar ketika bekerja di depan komputer atau bahkan kebiasaan membaca sambil tidur juga perlu diperhatikan.

Sakit kepala tipe servikogenik

Jenis sakit kepala ini juga merupakan salah satu penyebab munculnya sakit kepala belakang yang seringkali ditemui. Anda mungkin tidak familiar dengan istilah yang satu ini. Sakit kepala tipe servikogenik ini adalah salah satu jenis sakit kepala yang menitikberatkan pada area leher dan kepala bagian belakang.

Neuralgia Oksipital

Penyebab sakit kepala belakang ini merupakan salah satu penyebab yang jarang ditemui, namun sakit kepala ini merupakan salah satu penyebab yang dihubungkan dengan sakit kepala belakang. Neuralgia merupakan nyeri yang disebabkan karena iritasi maupun sensitasi pada sistem saraf, sedangkan oksipital merupakan struktur maupun area yang berada pada bagian belakang kepala.

Sakit kepala neuralgia oksipital ini lebih seringkali disamakan dengan migrain dimana penderitanya merasakan sakit kepala yang berdenyut. Untuk sebagian orang, keluhan sakit kepala ini bisa berupa sengatan listrik yang menusuk dan terasa tajam pada bagian belakang kepala yang terkadang rasa sakit ini sangat menyiksa.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+