5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

5 Maret 2017




5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan – Apakah Anda tahu atau sebelumnya pernah mendengar tentang beras hitam? Tidak mengerankan memang jika Anda terasa asing, karena beras hitam cukup langka jika dibandingkan dengan beras putih yang selama ini sering dikonsumsi. Namun, dipercaya bahwa berasa hitam mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kerajaan Cina kuno mengklaim bahwa beras hitam hanya disediakan untuk Kaisar dan keluarga kerajaan, karena profil gizi dan kemampuan penyembuhannya. Pada saat itu, jika warga biasa kedapatan makan beras hitam tanpa izin, maka akan mendapatkan hukuman dari kerajaan. Berbeda dengan sekarang, beras hitam telah tersedia untuk semua kalangan dan saat ini para peneliti sedang mencoba untuk mendorong popularitasnya. Berikut 5 manfaat beras hitam bagi kesehatan.

Perbandingan Nutrisi Beras Putih, Beras Merah, dan Beras Hitam

Menurut sumber, beras putih merupakan karbohidrat sederhana, yang berarti dapat menyebabkan kenaikan yang cepat dan penurunan kadar gula darah, menyebabkan Anda mudah lelah, marah, dan lapar.

Kemudian, sekarang diyakini bahwa beras merah merupakan pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan beras putih. Tapi, apakah beras hitam mampu mengalahkan manfaat dari beras merah atau beras putih?

Berikut kandungan beras hitam yang didapatkan oleh tubuh setelah makan 1 porsi beras hitam (seperempat cangkir beras):

  • 160 kalori
  • 5 g lemak
  • 34 g karbohidrat
  • 2 g serat diet
  • 1 g gula
  • 5 g protein
  • Tidak mengandung lemak jenuh
  • Tidak mengandung kolesterol

Mari bandingkan dengan beras merah dan beras putih. Beras merah mengandung 170 kalori, 45 g karbohidrat, dan 4 g protein. Sedangkan beras putih mengandung 180 kalori, 53 g karbohidrat, dan 3 g protein.

Seperti yang Anda lihat, beras hitam mengandung lebih sedikit kalori, lebih sedikit karbohidrat, dan protein yang lebih banyak dibandingkan beras merah dan beras putih.

Meskipun perbedaan tersebut tidak secara signifikan, tapi bisa dikatakan bahwa beras hitam merupakan pilihan yang lebih baik jika dibandingkan beras merah dan beras putih.

5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan. Foto: nutritionsecrets.com

1. Beras Hitam Kaya Antioksidan

Sebuah analisis dari 12 varietas yang berbeda dari beras menemukan bahwa kandungan antioksidan dari beras hitam adalah sekitar enam kali lebih tinggi dibanding beras merah atau beras putih.

Terlebih lagi, beras hitam dapat bersaing dengan blueberry dalam hal kekuatan antioksidan. Mengingat, blueberry merupakan buah dengan peringkat pertama sebagai sumber antioksidan bila dibandingkan dengan 40 buah dan sayuran lainnya.

Sebuah penelitian tahun 2010 di American Chemical Society, melaporkan bahwa 1 sendok dedak beras hitam (setara dengan 10 sendok beras hitam setelah dimasak) mengandung jumlah yang sama dari antosianin dalam 1 sendok blueberry segar.

Selain itu, dalam hal antioksidan, dedak beras hitam mengandung lebih sedikit gula serta lebih banyak serat dan vitamin E antioksidan dibandingkan dengan blueberry.

2. Beras Hitam Merupakan Anti-Inflamasi (Anti-Peradangan)

Inflamasi atau peradangan merupakan respon tubuh yang sehat terhadap bakteri asing dan virus, kadang-kadang tidak dapat dikontrol oleh tubuh. Jenis peradangan kronis diyakini oleh banyak ahli dan dokter untuk menjadi penyebab asma pada kanker arthritis.

Peneliti dari Universitas Suwon di Korea Selatan melakukan tes hewan pada dedak beras hitam dan dedak beras merah untuk menguji efektivitasnya melawan peradangan kulit. Hasilnya adalah dedak beras merah tidak menekan peradangan, sedangkan dedak beras hitam dapat menekan peradangan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa beras hitam dapat menjadi agen terapi untuk pengobatan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan peradangan kronis.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of International Imunofarmakologi, menemukan bahwa kandungan utama beras hitam (C3G) sangat efektif untuk menekan peradangan dalam tubuh.

3. Beras Hitam Memiliki Efek Anti Kanker

Salah satu kandungan beras hitam, antosianin, mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

The Journal CHEMICO-Biological Interaction menerbitkan sebuah studi yang meneliti kemampuan antosianin beras hitam mampu menghentikan metastasis tumor dan penyebaran kanker ke bagian tubuh lain. Penyebaran ini merupakan sumber signifikan dari kematian akibat kanker sehingga para ilmuwan terus mencari cara untuk menghentikan hal ini terjadi.

Sebuah studi yang lebih baru pada tahun 2014 juga menunjukkan bahwa antosianin beras hitam memiliki potensi untuk menghentikan metastasis tumor pada sel kanker payudara. Studi lain juga menunjukkan kemampuan beras hitam untuk melawan kanker payudara dengan menyebabkan sel kanker mati.

4. Beras Hitam Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung sehat merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat untuk pria dan wanita.

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menyebutkan bahwa beras hitam mampu menurunkan jumlah plak aterosklerotik dalam arteri. Ketika plak tersebut menumpuk maka akan menyebabkan arteri menjadi terblokir dan mengeras. Hal tersebut merupakan faktor utama yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dalam studi tertentu terhadap kelinci jantan, antioksidan dalam beras hitam dapat berperan penting dalam mengurangi aterosklerosis atau penumpukan plak pada arteri.

Sebuah studi 2013 juga menyebutkan bahwa beras hitam memiliki kemampuan untuk menghambat penyerapan kolesterol.

5. Beras Hitam Baik untuk Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ terbesar tubuh yang bertanggung jawab untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi bahan penting yang digunakan oleh tubuh. Hati juga berfungsi untuk mengatur hormon dan memainkan peran penting dalam detoksifikasi (pembuangan racun) dalam tubuh.

Menurut beberapa penelitian, beras hitam dapat berperan penting dalam kesehatan hati. Pada tahun 2012, jurnal Nutrition & Metabolism menerbitkan sebuah studi yang meneliti efek ekstrak beras hitam pada penyakit hati berlemak non-alkohol. Hasilnya adalah beras hitam dapat memainkan peran dalam mencegah penyakit hati.

Dalam studi lain di Chinese Academy of Agricultural Sciences menunjukkan bahwa beras hitam memiliki efek positif terhadap kesehatan hati. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi pada beras hitam.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+