5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

11 Maret 2017

5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan – Selain sebagai simbol dari kasih sayang, ternyata bunga mawar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sejak zaman dulu, bunga mawar telah dipercaya dapat memberikan efek positif pada tubuh dan pikiran, umumnya sebagai bahan kecantikan. Tidak hanya itu, bunga mawar ternyata juga dapat digunakan untuk “membumbui” kehidupan seksual, memerangi stres, dan menurunkan berat badan secara alami. Berikut adalah 5 manfaat bunga mawar bagi kesehatan yang telah kami kumpulkan dari beberapa sumber.

5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

#1 Bunga Mawar sebagai Penurun Berat Badan

Selain dapat membersihkan racun dari tubuh, kelopak bunga mawar juga dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.  Cara penerapannya adalah dengan menambahkan sekitar 10-15 kelopak mawar segar dalam segelas air mendidih dan tunggu sampai airnya berubah warna menjadi merah muda. Anda dapat menambahkan beberapa tetes madu dan bubuk kayu manis untuk memberikan rasa manis. Minumlah campuran tersebut secara teratur di pagi hari untuk membuang timbunan lemak ekstra dalam tubuh.

#2 Bunga Mawar sebagai Afrodisiak (Penambah Gairah Seksual) Alami

Tidak hanya sebagai simbol cinta dan kasih sayang, bunga mawar juga berfungsi sebagai afrodisiak alami. Menurut Ayurveda (tradisi perawatan kesehatan kuno), kelopak bunga mawar sangat efektif digunakan dalam membantu seseorang untuk aktif secara seksual melalui pengaturan hati, pikiran, dan sistem saraf. Cara penerapannya adalah dengan memakan beberapa kelopak bunga mawar yang telah dicuci setiap hari.

#3 Bunga Mawar sebagai Pereda Stres dan Depresi

Kelopak bunga mawar dapat berfungsi untuk mengatasi stres dan kelelahan, bahkan mengatasi gejala-gejala yang diakibatkan oleh stres seperti kegelisahan dan insomnia. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi dan Patologi Universitas Paraíba-Caixa, aroma bunga mawar mampu memberikan efek penenang ketika dicium atau dihirup. Cara penerapannya adalah dengan mandi air panas yang telah ditaburi beberapa kelopak mawar. Air panas akan melepaskan aroma dari bunga mawar sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

#4 Bunga Mawar sebagai Obat Jerawat Alami

Jika Anda menderita jerawat dan sedang mencari solusi alami untuk mengatasi jerawat, maka bunga mawar adalah pilihan yang tepat. Kelopak bunga mawar, selain sebagai pelembab yang baik, juga mengandung sifat anti bakteri yang mampu untuk mengeringkan jerawat. Selain itu, dengan kandungan fenil etanol sebagai senyawa antiseptik, membuat air bunga mawar sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Cara penggunaannya adalah dengan merendam beberapa biji fenugreek dalam air pada malam hari, kemudian dibuat pasta halus dengan menambahkan air mawar. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air mawar dingin.

#5 Bunga Mawar sebagai Pencerah Warna Bibir

Bunga mawar memang harus diakui mampu memberikan efek yang menakjubkan pada bibir. Selain memberikan rona merah pada bibir, bunga mawar juga mampu menjadikan bibir menjadi lebih lembut. Cara penerapannya adalah dengan membuat pasta dari kelopak mawar segar kemudian tambahkan 1 sendok krim susu dan beberapa tetes madu. Oleskan pasta pada bibir dan biarkan selama 15-20 menit kemudian cuci dengan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+