Manfaat Kurma untuk Kesehatan

28 Februari 2017

Manfaat Kurma untuk Kesehatan – Kurma memiliki manfaat sebagai makanan yang berfungsi untuk mengatasi sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut, dan kondisi lainnya. Selain itu, kurma juga baik untuk menambah berat badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Kurma merupakan buah lezat yang mengandung minyak, kalsium, belerang, besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Menurut beberapa ahli kesehatan, mengkonsumsi kurma sebanyak 1 biji setiap hari dapat membuat diet seimbang dan tubuh menjadi sehat.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Manfaat Kurma untuk Kesehatan. Foto: stylecraze.com

Kebanyakan orang mengkonsumsi kurma dalam beberapa cara, seperti mencampurkan pasta dari kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menambah kelezatan rasanya. Pasta kurma dapat bermanfaat bagi orang dewasa maupun anak-anak, terutama selama masa pemulihan dari cedera atau sakit.

Menurut survei medis modern, kurma dapat berfungsi dalam pencegahan kanker perut. Banyak muslim yang berbuka puasa dengan makan kurma dan air sesuai dengan tradisi budaya mereka. Berbuka puasa dengan makan kurma dapat membantu kita untuk menghindari makan yang berlebihan. Ketika tubuh mulai menyerap nilai gizi yang tinggi dari kurma, maka rasa lapar akan segera hilang. Selain itu, sistem saraf juga akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi kurma, karena kurma memiliki jumlah kalium yang tinggi.

Kurma adalah salah satu yang makanan manis terbaik dan serbaguna yang dapat mengatur proses pencernaan. Hal ini dikarenakan kurma dapat meningkatkan tingkat energi pada orang dalam setengah jam secara signifikan. The American Cancer Society merekomendasikan asupan 20-35 gram serat per hari, yang dapat didapatkan melalui kurma. Hal ini juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi 1 biji kurma per hari akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Nilai Gizi Kurma

Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Kurma banyak mengandung gula, serat, mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, dan zinc. Selain itu, kurma juga mengandung banyak vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Alasan untuk Makan Kurma – Manfaat Kurma untuk Kesehatan. Foto: organicfacts.net

Sembelit

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma sering dimakan oleh orang yang menderita sembelit. Untuk mencapai efek pencahar yang diinginkan, Anda harus merendam kurma dalam air selama 1 malam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam pada pagi hari seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Kurma memiliki serat larut tinggi yang dapat mempengaruhi gerakan usus yang sehat dan perjalanan yang nyaman dari makanan melalui saluran usus, sehingga dapat meringankan gejala sembelit.

Kesehatan Tulang dan Kekuatan

Jumlah yang signifikan dari mineral yang ditemukan di kurma membuatnya menjadi makanan yang sangat baik untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit tulang seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang semuanya merupakan bagian integral dari pembangunan tulang yang sehat dan kuat, terutama karena orang mulai memasuki usia lanjut dan tulang mereka secara bertahap akan melemah.

Gangguan Pencernaan

Kandungan nikotin pada kurma bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan usus. Konsumsi kurma secara berkelanjutan dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme patologis sehingga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dalam hal pencernaan, kurma mengandung serta larut dan larut tidak serat, serta asam amino yang bermanfaat merangsang pencernaan makanan dan membuatnya lebih efisien. Hal ini akan menjadikan lebih banyak nutrisi yang diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh Anda.

Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah sebagai suplemen diet yang sempurna untuk orang yang menderita anemia. Tingginya tingkat zat besiĀ  akan meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi perasaan kelelahan dan kelesuan pada penderita anemia.

Alergi

Salah satu aspek yang paling menarik dari kurma adalah adanya sulfur organik di dalamnya. Unsur tersebut tidak banyak ditemukan dalam makanan lain, tetapi memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, termasuk untuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organik dapat memiliki dampak positif pada jumlah penderita SAR (Seasonal alergi rhinitis). Sehingga, kurma merupakan cara yang bagus untuk mengatasi gejala dari alergi musiman melalui kontribusi sulfur organik yang ada di dalamnnya.

Berat Badan

Kurma harus dimasukkan sebagai bagian dari diet yang sehat, karena mengandung banyak gula, protein, dan vitamin esensial. Jika kurma dikonsumsi dengan pasta mentimun, Anda dapat menjaga berat badan Anda pada kondisi normal. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, dan kalori pada kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi tubuh manusia. Tentu saja, Anda tidak harus hanya kurma sepanjang hari. Jadi, jika Anda merasa kurus dan ingin menambah berat badan atau massa otot, maka Anda perlu untuk mengkonsumsi kurma.

Energi Booster (Peningkat Energi)

Kurma mengandung banyak gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma merupakan camilan yang sempurna untuk meningkatkan energi secara cepat. Banyak orang di dunia menggunakan kurma sebagai camilan sore ketika mereka merasa lemah dan lesu.

Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin pada kurma dapat membuatnya dorongan yang ideal bagi kesehatan dan fungsi sistem saraf. Salah satu kandungannya, kalium, merupakan salah satu bahan utama dalam merangsang sistem saraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesigapan aktivitas otak. Oleh karena itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi lansia dan orang-orang yang ingin menjaga agara pikiran mereka tetap tajam.

Kesehatan Jantung

Kurma sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Kurma merupakan sumber yang kaya kalium dan telah terbukti mampu mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung lainnya. Selain itu, kurma juga disarankan sebagai cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika dikonsumsi minimal 2 kali dalam seminggu, kurma dapat meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

Lemah Seksual

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk meningkatkan stamina seksual. Kurma merupakan tonik yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan seks dan mengurangi kemandulan. Pada tahun 2006, Bahmanpour mempelajari efek dari kurma dan minyaknya pada fungsi seksual dan menemukan bahwa kandungan tinggi estradiol dan komponen flavonoid dari kurma dapat meningkatkan jumlah sperma dan motilitas, serta mempromosikan peningkatan ukuran dan berat testis.

Rabun Senja

Kurma memiliki manfaat yang sangat banyak. Umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang berhubungan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan. Ketika daun kurma ditumbuk menjadi pasta dan dioleskan pada daerah sekitar mata, atau kurma yang langsung dikonsumsi, terbukti mengurangi frekuensi rabun senja. Solusi ini banyak digunakan di daerah pedesaan sebagai obat alternatif.

Keracunan

Kurma biasanya digunakan sebagai obat untuk mengatasi keracunan alkohol. Kurma dapat mengatasi secara cepat pada orang yang keracunan alkohol. Selain itu, kurma juga dapat digunakan untuk mencegah mabuk berat. Cara penggunaannya adalah dengan direndam selama 1 malam untuk mendapatkan hasil terbaik.

Diare

Kurma mengandung potasium yang dikenal sebagai cara yang efektif untuk mengatasi diare. Kurma juga mudah dicerna, yang selanjutnya membantu meringankan sifat tak terduga dari diare kronis. Serat larut dalam kurma juga dapat membantu meringankan diare.

Kanker Perut

Penelitian telah membuktikan bahwa kurma dapat digunakan untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker perut. Kurma bekerja sebagai tonik yang berguna untuk semua kelompok umur, dan dalam beberapa kasus, kurma bekerja lebih baik dibanding obat-obatan tradisional. Kurma bersifat alami sehingga mereka tidak memiliki efek samping negatif pada tubuh manusia. Selain itu, kurma juga mudah dicerna secara cepat sehingga dapat meningkatkan energi secara cepat.

Nah, dari sekian banyak manfaat kurma untuk kesehatan, perlu menjadi perhatian bahwa kurma memiliki permukaannya sangat lengket sehingga mudah untuk menarik berbagai kotoran. Oleh karena itu, Anda hanya harus mengkonsumsi kurma yang diproses dan dikemas dengan baik. Serta, pastikan untuk mencuci kurma sebelum mengkonsumsinya untuk membantu menghilangkan kotoran yang ada pada permukaan kurma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+