7 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan

8 Juni 2017

7 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan – Ada begitu banyak manfaat kesehatan dari olahraga angkat beban, tapi mungkin manfaat yang paling banyak diingat hanyalah peningkatan massa otot. Padahal, olahraga angkat beban memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yang lebih besar dibanding peningkatan massa otot.

Olahraga angkat beban tidak harus berarti mengangkat beban berat dan besar. Olahraga angkat beban bisa dilakukan di gym atau di rumah hanya dengan mengangkat beban tubuh saja. Berikut 7 manfaat olahraga angkat beban bagi kesehatan.

7 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan

7 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan

7 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan

#1 Meningkatkan Kekuatan Tulang

Olahraga angkat beban menekan serat otot kemudian dipecah untuk dibangun kembali dengan kuat. Hal tersebut juga berlaku untuk tulang, karena pada saat meangkat beban akan merangsang pertumbuhan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang.

Orang yang memiliki risiko kepadatan tulang rendah atau yang memiliki osteoporosis bisa mendapatkan keuntungan dari melakukan angkat beban ke dalam gaya hidup mereka. Selain benar-benar mengangkat beban, olahraga beban juga bisa memberi efek menguntungkan pada tulang. Latihan bantalan beban termasuk latihan aerobik di mana tubuh Anda mendukung berat badan Anda seperti berjalan, berlari, atau menari.

#2 Menurunkan Risiko Cedera

Manfaat dari memiliki otot yang lebih kuat dapat berarti Anda mungkin memiliki risiko cedera yang lebih rendah. Tentu beberapa orang yang melakukan angkat beban juga dapat meningkatkan risiko cedera, namun jika Anda menggunakan teknik yang tepat, keseimbangan lift untuk semua otot dan mengangkat beban sesuai dengan berat badan dapat membantu menurunkan risiko cedera.

Prinsip lainnya adalah mengangkat beban yang menggunakan dorongan dan penarikan secara merata. Angkat beban dapat membantu melatih otot yang kurang dimanfaatkan dan membantu ketidakseimbangan otot. Bicaralah dengan ahli fisiologi olahraga atau ahli kesehatan untuk mendapatkan panduan lebih lanjut tentang cara angkat beban yang sesuai bagi Anda pribadi.

#3 Kesehatan Jantung

Dalam hal kesehatan jantung, latihan aerobik memang lebih dikenal dibandingkan angkat beban. Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa angkat beban dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Pengangkatan beban intensitas sedang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Faktanya, sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa angkat beban membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi stadium 1 selama 12 minggu. Seperti halnya protokol latihan apapun, bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengubah rejimen olahraga Anda jika Anda memiliki faktor risiko kardiovaskular.

#4 Melangsingkan Tubuh

Olahraga angkat beban sebenarnya bisa membantu Anda tetap langsing karena akan mendorong pertumbuhan otot dan menghambat penyimpanan lemak. Angkat beban dapat membantu menjaga garis pinggang agar tetap langsing dan bisa membantu mengangkat bagian lengan dan kaki. Jangan takut untuk memulai angkat beban karena olahraga ini bisa membantu Anda tetap langsing.

#5 Meningkatkan Kekuatan Mental

Program angkat beban untuk kesehatan secara keseluruhan umumnya dilakukan dengan mengangkat berat badan sekitar 8-12 pengulangan selama 2-3 set. Hal tersebut memang terasa sulit, tapi Anda harus merasa seperti Anda bisa menjalani lebih banyak pengulangan jika Anda harus melakukannya.

Beberapa latihan secara alami akan lebih sulit daripada yang lain, dan mungkin lebih sulit untuk melewati beberapa rangkaian. Tantangan dari angkat besi ini bisa membantu Anda terbiasa mlawan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Entah Anda menyadarinya atau tidak, kebiasaan mengangkat beban ini dapat membantu meningkatkan ketangguhan mental untuk melakukannya meskipun Anda merasa tidak nyaman.

#6 Meningkatkan Metabolisme

Olahraga angkat beban mungkin tidak membakar kalori sebanyak pada saat latihan kardiovaskular, namun pengangkatan beban juga memberi manfaat penting lainnya. Pengangkatan beban dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda berjam-jam setelah berolahraga. Latihan kardiovaskular juga dapat meningkatkan metabolisme, terutama interval intensitas tinggi, namun pengangkatan berat badan seringkali membaik karena peningkatan metabolisme ini.

#7 Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Latihan kardiovaskular bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2, dan beberapa penelitian juga mendukung bahwa pengangkatan beban dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Pengangkatan beban meningkatkan jenis otot tertentu yang bisa disebut sel otot putih. Sel otot putih ini menggunakan jumlah glukosa yang lebih tinggi untuk energi yang bisa diterjemahkan ke dalam penurunan gula darah dan risiko diabetes tipe 2.

Nah itulah 7 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+