Hobi Olahraga Sepak Bola? Inilah Manfaat Olahraga Sepak Bola yang Bisa Anda Dapat

16 April 2017




Hobi Olahraga Sepak Bola? Inilah Manfaat Olahraga Sepak Bola yang Bisa Anda Dapat – Setiap jenis olahraga yang ada tentu mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh. Begitu juga dengan olahraga sepak bola. Olahraga yang dimainkan dalam 2 tim yang tiap timnya memiliki 11 pemain ini merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang mempunyai banyak peminat dari seluruh dunia. Oleh karena itu tidak heran jika informasi tentang kompetisi sepak bola liga 1 Indonesia Sindonews juga ramai menjadi rujukan bagi para penggemar olahraga ini.

Walaupun banyak yang menjadi penggemar olahraga sepak bola, namun masih banyak pula yang belum mengetahui manfaat dari sepak bola itu sendiri. Nah, untuk mengetahui manfaat di balik olahraga sepak bola, yuk simak ulasan berikut ini.

Manfaat Olahraga Sepak Bola

Inilah Manfaat Olahraga Sepak Bola yang Bisa Anda Dapat

Inilah Manfaat Olahraga Sepak Bola yang Bisa Anda Dapat

Manfaat untuk Kesehatan Fisik

Olahraga yang dominan dengan gerakan berjalan serta berlari ini berperan penting dalam meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Durasi olahraga sepak bola yang berlangsung selama 90 menit tentu dapat melatih otot kaki Anda. Selain itu, anggota tubuh bagian atas serta otot lengan pun turut andil dalam membantu dalam gerakan melompat, tackling, blocking, dan menendang.

Manfaat untuk Kesehatan Mental

Dalam berolahraga atau bermain sepak bola akan ada tim yang menjadi pemenang dan ada yang harus siap menerima kekalahan. Dari sini Anda bisa melatih kesehatan dan kekuatan mental. Apalagi kualitas permainan sepak bola sangat ditentukan oleh faktor mental para pemain. Bagi pemain sepak bola, mental merupakan elemen fisik yang harus ditanamkan dalam jiwa.

Belum lagi, dalam permainan sepak bola seringkali harus jatuh bangun saat mengejar bola. Dari sini Anda juga bisa belajar bahwa perjuangan itu tidak mudah, namun di akhirnya akan mendapatkan kepuasan batin tersendiri. Dengan demikian mental Anda semakin terlatih menghadapi hal atau rintangan yang sulit sekalipun.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Dalam prosesnya, olahraga atau permainan sepak bola tidak hanya mengandalkan gerak fisik saja. Akan tetapi otak juga sangat berperan besar di dalamnya. Sepak bola yang notabene mengharuskan ‘gerak cepat’ melatih Anda untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat saat berada di lapangan.

Bukan itu saja, ketika permainan berjalan lambat, otak Anda pun dituntut untuk tetap cerdik dan teliti dalam mengambil peluang untuk menendang maupun menempatkan bola. Melalui hal ini Anda bisa belajar tentang ketepatan dan kecepatan berpikir. Karena di situasi tersebut ada koordinasi yang rapi antara mata, pikiran, dan juga anggota gerak tubuh lainnya.

Melatih Kekompakan

Seperti yang Anda tahu, dalam olahraga atau permainan sepak bola diperlukan adanya komunikasi, kekompakan, dan pengertian antar pemain. Poin inilah yang mengajarkan Anda tentang bagaimana untuk bisa menjaga perasaan satu sama lain. Entah itu dengan tidak memaksakan pendapat, tidak bermalas-malasan saat berlatih dan lain sebagainya. Sebab apabila ada salah satu pemain yang tidak bersemangat, bisa jadi akan mempengaruhi pemain lainnya.

Beruntungnya lagi, ketika Anda melakukan olahraga jenis sepak bola ini, Anda tidak hanya belajar tentang kompetisi antara kalah dan menang. Tetapi juga belajar tentang bagaimana cara berkolaborasi dengan para pemain lain dalam satu tim.

Melatih Kedisiplinan Diri

Pastinya Anda sudah tahu bahwa pemain bola yang kini menyandang gelar pesepak bola profesional juga mengawali karir di bidang ini dengan susah payah. Latihan intensif dan terus-menerus harus dilakukan demi kemenangan sebuah tim. Sama halnya bagi pesepak bola yang akan mengikuti kompetisi sepak bola liga 1 Indonesia Sindonews.

Hal ini menjadi bukti bahwa untuk menjadi pesepak bola profesional dibutuhkan tekad dan semangat serta disiplin yang tinggi. Sebab untuk bisa mendulang kesuksesan dibutuhkan latihan berkali-kali. Dari olahraga ini Anda juga akan belajar tentang bagaimana cara memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi pada sebuah tim, dan salah satu bentuk dari dedikasi yang tinggi tersebut adalah kedisiplinan Anda dalam berlatih.

Demikian tadi beberapa manfaat di balik olahraga yang bisa Anda dapatkan. Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, pastikan Anda tetap semangat melakukan olahraga yang seru dan kompeten ini ya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+