Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk

26 Agustus 2017

Penyebab utama dari badan tidak bisa gemuk sebenarnya adalah tubuh tidak mendapat cukup kalori dari makanan yang dikonsumsi. Namun, selain karena alasan mendasar tersebut, ada beberapa penyakit umum yang menjadi penyebab badan tidak bisa gemuk. Berikut beberapa macam penyebab badan tidak bisa gemuk.

Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk

Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk

Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk

1. Gaya hidup

Banyak orang yang tidak bisa menambah berat badan tidak menyadari bahwa mereka tidak mendapatkan cukup kalori untuk menambah berat badan. Melewatkan makan karena jadwal yang padat atau tidak cukup mengkonsumsi makanan yang tepat, seperti lemak atau karbohidrat, bisa menjadi faktor utama penyebab badan tidak bisa gemuk. Apalagi jika ditambah dengan berolahraga, saat berolahraga tubuh memerlukan kalori yang lebih banyak dibandingkan orang normal, jika kalori yang Anda konsumsi dari makanan hanya sedikit, maka hal tersebut tidak akan menambah berat badan, bahkan hanya akan menurunkan berat badan.

2. Hipertiroidisme

Kelenjar tiroid mempengaruhi metabolisme melalui hormon yang dikeluarkannya. Jika tubuh menghasilkan terlalu banyak tiroksin, maka metabolisme akan meningkat dan tubuh akan membakar kalori lebih cepat – kondisi ini lebih dikenal sebagai hipertiroidisme. Gejala umum yang sering ditemukan biasanya nafsu makan yang sering meningkat, namun tidak ada penambahan berat badan meskipun sudah makan banyak. Gejala lainnya bisa berupa detak jantung yang cepat atau tidak teratur, gugup, cemas, tremor di tangan, dan terjadi peningkatan buang air besar. Selain itu, kelemahan otot, penurunan berat badan, dan kelelahan juga merupakan gejala yang umum. Jika Anda mengalami gejala ini, segera hubungi dokter.

3. Diabetes

Ada 2 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada masa kanak-kanak tetapi juga dapat didiagnosis di kemudian hari – hal ini disebabkan oleh kurangnya insulin dalam tubuh. Diabetes tipe 2 ditandai dengan resistensi terhadap insulin dan biasanya terjadi pada masa dewasa. Insulin mengatur jumlah glukosa dalam tubuh, sehingga berat dan nafsu makan sering menjadi hal pertama yang terpengaruh karena glukosa merupakan sumber utama bahan bakar tubuh. Kedua jenis diabetes tersebut bisa menyebabkan kesulitan untuk menambah berat badan, meskipun dengan nafsu makan yang meningkat. Gejala diabetes lainnya bisa meliputi penglihatan kabur, kelelahan, nafsu makan meningkat, haus dan buang air kecil. Jika Anda memiliki gejala ini, hubungi dokter.

4. Masalah Gastrointestinal

Masalah dengan usus bisa berarti tubuh mengalami masalah dalam proses penyerapan makanan yang dikonsumsi. Bahkan, meskpun jika Anda sudah banyak makan, Anda tetap bisa menderita kekurangan gizi dan tidak bisa menambah berat badan. Jenis penyakit ini sering dikenal sebagai sindrom malabsorpsi. Gejalanya bisa ada darah di tinja, pergerakan usus yang tidak normal – terlalu banyak atau terlalu sedikit – kelelahan, nyeri di perut, kembung, dan kemungkinan penurunan berat badan. Jika Anda mengalami gejala ini tanpa penambahan berat badan, berkonsultasilah dengan dokter untuk diagnosis yang tepat.

Nah, itulah beberapa penyakit yang menjadi penyebab badan tidak bisa gemuk. Hipertiroidisme, diabetes, dan masalah gastrointestinal adalah penyakit umum yang dapat menyebabkan kehilangan berat badan atau ketidakmampuan untuk menambah berat badan. Selain itu, ada juga kondisi lain yang bisa menghambat penambahan berat badan, seperti misalnya beberapa obat dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Selain itu, masalah kanker, infeksi, dan neurologis juga dapat mempengaruhi berat badan, biasanya dalam bentuk penurunan berat badan. Apapun itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Tentu, dengan mengetahui apa yang menjadi akar masalahnya dapat memberikan kelegaan dan memberi Anda solusi tentang langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+