Penyebab Tumbuh Uban di Umur 20-an

13 Agustus 2017

Tumbuh uban merupakan hal yang sangat mengganggu karena dapat merusak penampilan dan bahkan menurunkan rasa percaya diri. Kebanyakan orang merasakan tumbuh uban pertama kali ketika berumur 30-an, tapi terkadang uban juga bisa tumbuh lebih cepat, tergantung dari etnis (seperti orang Kaukasia) ataupun sejarah keluarga. Jika Anda merasakan tumbuh uban pada usia 20-an dan orang tua Anda juga merasakan tumbuh uban ketika mereka berusia 20-an, maka hal tersebut adalah wajar. Namun, jika Anda tumbuh uban lebih cepat dibandingkan orang tua Anda, maka ada beberapa kemungkinan penyebab tumbuh uban di umur 20-an yang Anda alami, seperti faktor lingkungan dan gaya hidup. Berikut beberapa penyebab tumbuh uban di umur 20-an menurut dr. Marie Jhin, MD, seorang ahli dermatologi bersertifikat dewan dan direktur Dermatologi Premier di San Francisco.

Penyebab Tumbuh Uban di Umur 20-an

Penyebab Tumbuh Uban di Umur 20-an

Penyebab Tumbuh Uban di Umur 20-an

1. Stres

Para ahli telah memperdebatkan hubungan antara stres dan tumbuhnya uban, namun beberapa penelitian memang menunjukkan adanya keterkaitan antara keduanya. Sebuah studi di New York University tahun 2013 yang diterbitkan di Nature Medicine menemukan bahwa stres dapat menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut pada tikus.

Meskipun penelitian yang mendukung teori tersebut belum terlalu banyak, setidaknya ada banyak bukti anekdot yang mendukung, seperti yang dikatakan dr. Jhin. Coba Anda lihat foto para presiden dan bandingkan bagaimana rambut mereka pada saat pertama kali menjabat dan pada saat setelah beberapa tahun menjabat.

2. Masalah Kesehatan

Dalam kasus yang jarang terjadi, uban prematur dapat dipicu oleh masalah kesehatan seperti penyakit tiroid atau masalah dengan kelenjar pituitari. Penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut, seperti alopecia atau vitiligo juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban.

“Autoimun berarti sel tubuh sendiri menyerang tubuh Anda sendiri. Jadi, jika tubuh Anda menyerang sel-sel rambut Anda, maka hal tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi abu-abu.” kata dr. Jihn.

3. Kekurangan vitamin

Kemungkinan lain penyebab tumbuhnya uban adalah kekurangan vitamin B12. Menurut dr. Jihn, ada sejumlah faktor yang membuat Anda berisiko lebih besar untuk menderita tumbuh uban, seperti menjadi vegetarian atau vegan, memakai pil KB, atau memiliki masalah GI. Jika tumbuhnya uban terkait dengan B12, maka kemungkinan besar hal tersebut disebabkan anemia pernisiosa, yaitu penurunan sel darah merah yang disebabkan saat usus tidak dapat menyerap cukup vitamin B12.

4. Merokok

“Merokok memiliki efek yang sangat buruk bagi kulit dan rambut Anda” kata dr. Jihn.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban sebelum usia 30 tahun. Meskipun tidak terlihat secara signifikan, tapi tetap merokok dapat mempengaruhi folikel kulit dan rambut. dr. Jihn mengatakan bahwa efek dari merokok memang tidak sebesar efek gen terhadap tumbuhnya uban. Namun, jika Anda merasakan tumbuhnya uban lebih cepat padahal keluarga Anda tidak merasakannya, maka segeralah memeriksakan apakah tiroid dan kadar vitamin Anda baik-baik saja atau apakah Anda menderita anemia.

Nah, itulah Penyebab Tumbuh Uban di Umur 20-an. Meskipun beberapa penyebab di atas tidak signifikan jika dibandingkan dengan apa yang disebabkan oleh gen, setidaknya Anda sudah berusaha untuk tidak mempercepat tumbuhnya uban pada kepala Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+