Sasa Santan Kelapa Bikin Masak ala Fast Food Mudah & Menyehatkan

22 Desember 2017

Sebagai salah satu fast food, makanan junk food yang nampak menarik dan memang terasa enak di lidah itu tentu mengundang selera. Ada hambuger, spaghetti, pizza, French fries, fried chicken, dan lainnya. Begitupula halnya dengan saya yang tertarik membuatnya dengan kombinasi Sasa Santan Kelapa sebagai bahan pembuatan salah satu fast food tersebut.

Tempe, tahu, dan ayam merupakan lauk favorit keluarga yang jarang dilewatkan. Bahkan saking sukanya, 5 hari dalam sepekan saya biasa membuat menu lauk pauk dari bahan-bahan utama tersebut. Saya pun mencoba membuat tahu tempe kuah santan yang proses pembuatannya tidak kalah cepat dari makanan-makanan cepat saji modern.

Sasa Santan Kelapa Bikin Masak ala Fast Food Mudah & Menyehatkan

Sasa Santan Kelapa Bikin Masak ala Fast Food Mudah & Menyehatkan

Bahan yang diperlukan hanya tempe dan tahu secukupnya yang dipotong dadu kemudian digoreng tidak perlu sampai kering. Untuk bumbu, saya hanya perlu menyiapkan cabai merah dan cabai hijau yang diiris serong masing-masing 3 buah, bawang merah 3 siung, bawang putih 3 siung (diiris), kemiri 3 butir, dan ketumbar 1 sdt.

Bumbu lainnya yaitu gula, garam, dan lada secukupnya. Tidak lupa air dan 1 bungkus Sasa Santan Kelapa yang dijamin sudah matang dan siap pakai di semua kemasannya sehingga nantinya bisa langsung dimasukkan ke dalam kuah tanpa perlu direbus terlebih dahulu. Dijamin tidak akan ada kata repot.

Selanjutnya saya menumis irisan bawang putih, irisan cabai merah dan hijau, serta bumbu halus hasil ulekan yang terdiri dari bawang merah, kemiri, dan ketumbar. Setelah matang dan tercium aroma harum, masukkan secara berurutan dari air, Sasa Santan Kelapa, serta tahu dan tempe goreng setengah matang. Semuanya diaduk sampai mendidih.

Aroma dan rasa sama segarnya jika dibandingkan dengan kelapa yang langsung diperas dari santan instan produk Sasa langsung menghampiri indera penciuman saya. Ya, benar-benar seperti saat saya membuatnya dengan kombinasi santan segar hasil perasan manual. Hanya saja, santan ini lebih memudahkan saya dalam membuat fast food bergizi.

Setelah dirasa matang dan sedikit menghangat, saya pun mematikan kompor lalu menambahkan gula dan garam. Saya pernah baca, kalau kandungan yodium dalam garam akan tetap utuh saat dikonsumsi atau dicampur dalam makanan yang tidak terlalu panas. Jadi, saya pun memasukkannya setelah masakan benar-benar matang, bukan saat dimasak.

Penggunaan santan instan praktis dari produk Sasa pun karena tanpa pengawet, sehingga tujuan saya untuk membuat fast food (makanan cepat saji) yang bukan junk food (makanan sampah rendah gizi) bisa tercapai. Selain itu santan instan ini juga mengandung kolesterol yang rendah sehingga bisa dikonsumsi dengan aman oleh semua anggota keluarga.

Pertama kali membuat masakan ini saya membutuhkan waktu 30 menit. Lumayan lama dan masih kurang efisien menurut saya. Tapi syukurlah untuk kedua dan ketiga kalinya, saya bisa memangkas setengah waktunya. Ya, waktu yang saya butuhkan hanyalah sekitar 15 menit! Tidak kalah cepat dari fast food yang Anda temui di banyak mall bukan?

Pembuatan fast food bergizi ini sering saya terapkan saat keluarga sedang dalam keadaan sangat lapar sementara saya baru pulang dari kerja atau kegiatan sosial. Saya pun biasa menggunakan santan instan produk Sasa ini untuk membuat es buah santan dan kue serabi mini karena cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman.

Nah itulah cara saya  membuat fast food dengan mudah dan tentunya menyehatkan. Dengan hadirnya Sasa Santan, aslinya Santan akan membuat masakan lebih sehat dan instan. Yuk bikin resep kreasimu dengan menggunakan Sasa Santan, Aslinya Santan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+