Hobi Belanja Online? Inilah Tips Aman Belanja Online yang Bisa Anda Coba

16 April 2017




Hobi Belanja Online? Inilah Tips Aman Belanja Online yang Bisa Anda Coba – Berbelanja adalah rutinitas bagi pria maupun wanita. Apabila dulu Anda harus pergi ke toko ketika ingin membeli sesuatu, maka kini Anda bisa berbelanja dengan sangat mudah. Dengan memesan produk secara online, Anda cukup tinggal duduk di rumah sambil menunggu produk yang dipesan datang. Bahkan Anda juga bisa melakukan cek resi pengiriman untuk mengetahui keberadaan paket pesanan Anda.

Kecanggihan dan kemudahan yang disuguhkan oleh teknologi masa kini sejenis gadget atau smartphone memang memberikan keleluasaan bagi Anda dalam berbagai hal, termasuk belanja online. Meskipun demikian, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan agar aktivitas belanja online bisa berjalan lancar dan terhindar dari penipuan yang marak terjadi.

Tips Aman Belanja Online

Inilah Tips Aman Belanja Online yang Bisa Anda Coba

Inilah Tips Aman Belanja Online yang Bisa Anda Coba

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui tips aman berbelanja online.

Pilih Situs Terpercaya

Saat ini banyak sekali toko online yang bertebaran di internet. Mengingat jumlahnya yang tidak sedikit tersebut, akhirnya Anda dituntut untuk lebih selektif dalam memilih toko online yang terpercaya. Pilihlah situs website yang populer dan sering diakses banyak orang.

Apabila situs tersebut terpercaya, biasanya pemilik toko akan menampilkan testimoni pelanggan di laman situsnya. Dengan begitu Anda bisa melihat apakah toko online yang dipilih merupakan toko online yang kredible atau tidak.

Cermat

Ketika berbelanja online, umumnya pemilik toko akan meminta informasi pribadi Anda. Seperti nama, alamat, dan nomor telepon serta nomor kartu kredit. Namun apabila ada toko online yang meminta informasi pribadi secara lebih detail, Anda patut mencurigai toko tersebut. Apalagi jika toko online tersebut sampai meminta informasi nomor rekening atau lainnya.

Utamakan Kualitas, Bukan Harga Murah

Inilah poin yang paling sulit untuk diterapkan. Wajar Anda akan terbelalak saat melihat harga murah atau harga diskon yang dipajang di toko online. Karena itu sebaiknya Anda membekali diri dengan wawasan untuk tidak tergiur dengan harga murah yang berseliweran di jagad dunia maya.

Apabila Anda memang ingin membeli produk yang harganya murah, pastikan pula jika toko online yang Anda bidik tersebut merupakan toko online yang terpercaya sehingga produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Jadi jangan asal pilih dan bayar ya. Karena toko online abal-abal biasanya mengiming-imingi mangsanya dengan harga murah.

Hubungi Kontak yang Tersedia

Tips aman belanja online selanjutnya adalah dengan menghubungi kontak yang tersedia. Situs toko online yang terpercaya biasanya akan mencantumkan nomor kontak di laman websitenya. Untuk memastikan kredibilitas toko online tersebut, sebaiknya Anda coba menghubungi nomor kontak yang ada.

Mintalah penjelasan terkait sistem transaksi hingga sistem pengiriman barang. Apabila yang disampaikan cukup jelas dan logis, maka bisa disimpulkan bahwa toko online tersebut terpercaya.

Minta Resi Pengiriman

Belanja online tidak terlepas dari ekpedisi. Saat pesanan sudah dikirim, umumnya Anda akan diberi nomor resi pengiriman. Untuk resi ini sebaiknya Anda juga jeli dalam mengeceknya. Saat melakukan cek resi pengiriman, pastikan bahwa resi yang diberikan pada Anda adalah resi yang valid sehingga bisa mengetahui keberadaan pesanan Anda. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan kapan pesanan akan sampai ke alamat Anda.

Demikian tadi beberapa tips aman belanja online yang bisa Anda terapkan. Kemudahan yang dibawa oleh teknologi masa kini jangan lantas membuat Anda pasif dalam mencari informasi yang akurat ya, termasuk dalam hal memilih toko online. Apalagi ketika belanja online Anda tidak bisa melihat kondisi produk, jadi setidaknya Anda memilih toko online yang amanah sehingga produk yang dibeli bisa sesuai dengan harapan.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+