Waktu yang Tepat untuk Belajar

16 November 2017

Kapan waktu yang tepat untuk belajar? Pertanyaan ini memang masih menjadi perdebatan yang tidak ada habisnya diantara para siswa. Belajar pada waktu siang hari lebih bagus atau belajar pada waktu siang hari yang lebih bagus? Saya yakin beberapa diantara kalian ada yang mengatakan belajar pada waktu siang hari lebih bagus dan sebagiannya lagi mengatakan belajar pada waktu malam hari yang lebih bagus. Oke, tidak apa-apa, saya tidak mempermasalahkan bagaimana persepsi kalian masing-masing 😀

Namun kenyataannya adalah bahwa tidak ada penjelasan ilmiah yang dapat menentukan kapan waktu belajar yang lebih baik karena kondisi pada setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang merasa lebih efektif jika belajar di malam hari, sementara yang lain merasa lebih enak belajar di pagi atau sore hari. Sekali lagi saya katakan, saya tidak mempermasalahkan persepsi masing-masing dari kalian, hehe. Tapi, mari simak sedikit penjelasan saya tentang manfaat belajar pada waktu-waktu tertentu.

Waktu yang Tepat untuk Belajar

Waktu yang Tepat untuk Belajar

Waktu yang Tepat untuk Belajar

5 Keuntungan Belajar pada Siang Hari

  1. Kalian akan memiliki banyak energi dan konsentrasi yang tinggi untuk belajar setelah tidur yang cukup pada malam sebelumnya.
  2. Pola aktivitas masyarakat diatur sedemikian rupa aktif pada siang hari dan istirahat pada malam hari. Jadi, dengan belajar pada siang hari kalian akan lebih leluasa saat ingin pergi ke perpustakaan atau toko buku untuk menunjang kegiatan belajar.
  3. Kebanyakan orang lebih mudah untuk dihubungi pada siang hari. Jadi, saat mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, kalian akan lebih mudah menghubungi teman-teman atau guru untuk meminta bantuan.
  4. Cahaya alami dari matahari tentunya lebih baik untuk mata jika dibandingkan dengan cahaya lampu, sehingga dapat menjaga kesehatan mata.
  5. Belajar pada siang hari tentunya akan membuat kalian dapat beristirahat pada malam hari sehingga tidak mengganggu ritme tidur alami.

2 Keuntungan Belajar pada Malam Hari

  1. Kebanyakan orang lebih aktif pada siang hari dan beristirahat pada malam hari. Hal ini dapat membuat suasana belajar kalian menjadi lebih tenang dan damai.
  2. Belajar pada malam hari dapat meningkatkan efektivitas kreatif kalian dan dapat membantu kalian melihat konsep yang berbeda.

Nah, selain beberapa keuntungan di atas mungkin ada banyak alasan kenapa kalian lebih memilih belajar pada waktu-waktu tertentu. Namun, sangat penting untuk dicatat bahwa bagaimanapun akhirnya itu semua tergantung pada persepsi kalian masing-masing.

Khusus untuk kalian yang lebih suka belajar pada malam hari. Saya memiliki beberapa tips agar proses belajar kalian menjadi lebih efektif.

5 Tips Belajar pada Malam Hari

  1. Jadikan rutinitas. Jika kalian memutuskan untuk belajar di malam hari, maka lakukan itu secara bertahap. Jangan pernah melakukan secara sporadis di awal karena akan mempengaruhi tubuh kalian dan bisa membuat kalian sakit.
  2. Istirahat. Jika kalian belajar di malam hari, kalian tetap harus memikirkan untuk istirahat. Ingat, pikiran yang baik dan istirahat yang cukup adalah kunci sukses dalam belajar. Tambahan: Jangan lupa untuk mengusahakan tidur di siang hari agar tidur kalian menjadi cukup.
  3. Pencahayaan. Pastikan kalian mendapatkan pencahayaan yang cukup pada saat belajar di malam hari.
  4. Manajemen Waktu. Dengan belajar pada malam hari kemungkinan besar kalian akan lebih cepat kehilangan konsentrasi. Oleh karena itu, atur waktu kalian agar dapat selalu konsentrasi ketika belajar. Caranya adalah beristirahat 5 hingga 10 menit setiap 50 menit ketika belajar. Pastikan juga kalian minum yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.
  5. Musik. Seperti disebutkan di atas, salah satu manfaat dari belajar di malam hari adalah peningkatan kadar kreativitas. Banyak yang percaya bahwa kreativitas mereka menjadi meningkat di malam hari, sehingga banyak seniman yang bekerja pada malam hari. Oleh karena itu, coba belajar sambil mendengarkan musik agar kalian bisa merasa lebih terinspirasi dan termotivasi.

Nah, itulah penjelasan dari saya tentang keuntungan dan tips belajar pada siang atau malam hari. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk belajar menurut kalian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+