Mata Bayi Belekan dan Berkerak, Ini Tips Membersihkannya

23 Juli 2018

Bayi baru lahir harus mendapatkan perawatan dengan hati-hati dan sangat cermat agar bayi tidak terluka. Bayi yang baru lahir akan mengeluarkan kotoran pada bagian mata dengan lebih sering. Anda harus membersihkannya dengan hati-hati agar tidak terjadi iritasi. Berikut ini tips membersihkan mata bayi dari belekan dan kerak pada bagian mata.

Mata Bayi Belekan dan Berkerak, Ini Tips Membersihkannya

Mata Bayi Belekan dan Berkerak, Ini Tips Membersihkannya

1. Bersihkan Tangan

Sebelum membersihkan mata bayi maka Anda harus terlebih dahulu membersihkan tangan tanpa ada kotoran dan debu. Mengingat bayi masih memiliki kulit yang sangat sensitif dan mudah terkena bakteri juga terinfeksi virus. Cuci tangan menggunakan sabun cuci tangan yang aman tanpa membuat bayi menjadi alergi dan lap hingga kering sebelum memegang bayi Anda.

2. Sediakan Kapas

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menyediakan kapas dan juga beberapa cotton bud yang bersih. Sediakan juga air matang yang hangat di baskom kecil. Ambil kapas yang diperlukan dan basahkan kapas menggunakan air hangat yang telah disediakan. Usapkan kapas ke bagian mata bayi dengan lembut dan perlahan.

3. Usap dengan Rata

Kapas yang telah dibasahi air hangat tadi usapkan dari sudut mata bayi bagian dalam hingga ke sudut luar secara teratur. Usapkan hingga belekan dan kerak pada mata bayi menjadi bersih. Ganti kapas setiap kali Anda mengusap bagian mata bayi. Gunakan tangan jika ada bagian belekan dan kerak yang berada pada bagian mata yang sedikit terhalang.

4. Pijat Sudut Mata

Belekan dan kerak pada mata terjadi ketika saluran air mata sedikit terhalang sehingga Anda perlu melakukan pijatan. Bagian yang dipijat adalah bagian sudut mata bayi yang dekat ke bagian hidung dengan gerakan ke bawah sebanyak tiga kali. Lakukan secara perlahan agar belekan dapat keluar saat dibersihkan sehingga belekan yang keluar dari mata tidak menumpuk.

5. Gunakan Handuk

Setelah membersihkan belekan dan juga kerak pada bagian mata bayi maka akan ada sisa air yang terkena ke bagian pipinya. Anda harus membersihkannya dan mengelapnya hingga kering menggunakan handuk yang lembut tanpa menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Anda bisa menggunakan handuk yang terbaik untuk bayi dengan membelinya di Jakarta great online sale dengan tawaran harga yang terjangkau. Kualitas dari handuk merupakan hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum membelinya. Basahkan handuk dengan air hangat agar tidak menimbulkan kerak di bagian pipi sebelum menggunakannya.

Seperti membersihkan belekan dan kerak pada mata dengan hati-hati, Anda juga harus membersihkan telinga dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan alat untuk membersihkan telinga bayi yang aman dengan membelinya di toko perlengkapan bayi. Toko online perlengkapan ibu dan bayi yang berkualitas bisa Anda kunjungi di orami.com.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+