Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah

10 Maret 2017

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah – Sakit gigi adalah hal yang sangat menyebalkan dan merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami di seluruh dunia. Sakit gigi terjadi ketika bagian gigi yang sangat sensitif (pulp) mengalami peradangan. Peradangan tersebut dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti gigi berlubang, pukulan ke gigi, atau infeksi pada gusi. Berikut ini kami akan membahas cara menyembukan sakit gigi dengan mudah dan cepat.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah. Foto: ndtv.com

1. Minum Obat Golongan NSAIDs

Obat yang disarankan bagi penderita sakit gigi adalah obat golongan NSAIDs (Non-steroid Anti-Inflammatory Drugs), seperti aspirin dan ibuprofen. Obat tersebut bekerja secara cepat dan efektif untuk mengatasi gejala ringan pada sakit gigi.

Jika rasa sakit terasa intens terasa menjalar ke daerah lain seperti telinga, kepala, atau tenggorokan, maka segeralah memeriksakan ke dokter gigi.

Gunakan dosis yang telah dianjurkan pada bungkus/kemasan, atau dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Minum obat golongan NSAIDs lainnya seperti Tylenol jika kerja aspirin dan ibuprofen kurang efektif.

2. Kompres Dingin

Salah satu cara untuk menyebuhkan sakit gigi adalah dengan menggunakan kompres dingin. Caranya, masukkan es ke dalam plastik kemudian tutup dengan kain atau handuk tipis dan tempelkan pada bagian pipi luar gigi. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.

Pada beberapa kasus, sakit gigi dapat diatasi dengan menggunakan kompres hangat. Jika Anda merasa bertambah sakit saat menggunakan kompres dingin, maka gunakan kompres hangat.

Jangan mengusapkan es langsung ke gigi. Hal ini akan meningkatkan rasa sakit, karena pada gigi yang meradang oleh sakit gigi akan sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

3. Mencuci Mulut

Kadang-kadang sakit gigi dapat disebabkan oleh makanan kecil yang telah tertinggal disela-sela gigi yang dapat memperburuk rasa sakit pada gigi berlubang atau radang gusi. Ketika hal ini terjadi, bersihkan mulut secara menyeluruh.

Membersihkan gigi menggunakan benang. Menyapukan benang secara bolak-balik pada sela-sela gigi sehingga makanan kecil yang tersangkut dapat keluar.

Sikat gigi. Jika sakit gigi yang disebabkan oleh radang gusi, maka menyikat gigi merupakan salah satu cara untuk meringankan rasa sakit. Sikatlah gigi selama beberapa menit, dan fokuslah pada daerah gigi yang terasa sakit. Sikat secara terus menerus sampai daerah yang mengalami sakit tidak lagi terasa sensitif.

Bilas mulut. Usahakan untuk sering membilas mulut menggunakan obat kumur agar makanan kecil yang tertinggal di gigi dapat keluar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa tetes propolis yang telah dicampur dengan segelas air untuk berkumur.

4. Bilas Mulut Menggunakan Air Garam

Salah satu cara untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan membilas mulut menggunakan air hangat dan sesendok garam laut. Hal ini dikarenakan air garam yang digunakan untuk berkumur bisa membantu menghentikan pendarahan dan menghilangkan bakteri pada daerah gusi dan gigi yang mengalami infeksi. Lakukan beberapa kali agar sakit gigi segera hilang.

Itulah beberapa cara menyembuhkan sakit gigi dengan mudah. Silakan bagikan kepada teman dan keluarga Anda yang sering mengalami sakit gigi.

1 komentar pada artikel "Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+