10 Manfaat Bermain Basket Bagi Kesehatan

7 Juni 2017

10 Manfaat Bermain Basket Bagi Kesehatan – Bermain basket merupakan salah satu olahraga terbaik agar tubuh tetap bugar. Bahkan, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama memainkan permainan ini setiap hari sebagai bagian dari kegiatan untuk menjaga kebugarannya. Berikut 10 manfaat dan alasan kenapa bermain basket bisa membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

10 Manfaat Bermain Basket Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bermain Basket Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bermain Basket Bagi Kesehatan

#1 Membakar Kalori

Berjalan, melompat, berlari, dan gerakan lincah lain yang dilakukan di pada permainan basket dapat memberikan efek yang signifikan dalam membakar kalori. Dalam suatu penelitian, 1 jam bermain basket secara kompetitif, 165 orang dapat membakar sekitar 600 kalori, sementara 250 orang lainnya dapat membakar 900 kalori.

#2 Bagus untuk Kesehatan Kardiovaskular

Bola basket dapat membantu Anda mengembangkan daya tahan kardiovaskular, tergantung seberapa sering Anda istirahat saat bermain. Semakin sering dan lama Anda aktif saat bermain, maka detak jantung akan semakin meningkat. Daya tahan ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

#3 Mengembangkan Konsentrasi dan Disiplin Diri

Seperti setiap olahraga lainnya, basket memiliki peraturan untuk diikuti, dan melanggarnya dapat mengakibatkan hukuman yang dapat merugikan bagi Anda maupun tim. Mempraktikkan disiplin diri membantu seseorang menjadi lebih kompetitif, serta bermain bersih dalam permainan, dan fokus pada kemenangan.

#4 Membangun Kekuatan Tulang

Melompat dan tuntutan fisik lainnya dalam permainan bola basket membantu mengembangkan dan memperbaiki kesehatan tulang. Semakin kuat tulang Anda, semakin kecil kemungkinannya untuk rusak atau patah. Aktivitas fisik yang mengandung beban dapat membentuk jaringan tulang baru, sehingga akan membuat tulang menjadi lebih kuat. Tulang dan otot menjadi lebih kuat saat otot mendorong dan menarik tulang selama aktivitas fisik.

#5 Keterampilan dan Koordinasi Motorik yang Lebih Baik

Mengoper bola atau melakukan lemparan ke dalam ring basket sangat membantu untuk melatih koordinasi mata dan tangan. Keterampilan dasar basket seperti menggiring bola, membutuhkan tingkat koordinasi yang lebih baik. Saat pertama kali belajar basket, menggiring bola dapat melatih koordinasi tangan-mata; pada saat keterampilan tersebut sudah dikuasai, maka pemain tidak perlu lagi melihat bola pada saat menggiring bola dan keterampilannya akan menjadi tugas koordinasi motorik murni.

#6 Latihan Kekuatan

Permainan bola basket menyediakan latihan tubuh penuh yang sempurna dan dapat membantu mengembangkan otot. Dalam olahraga kontak yang intensif secara fisik ini, pemain bola basket sangat bergantung pada posisi tubuh yang efektif dan kemampuan untuk mempertahankan posisi saat lawan mendorongnya. Bermain basket defensif yang baik dapat mengembangkan deltoids, jebakan, leher, punggung bawah, dan otot inti Anda. Kaki yang kuat membantu dalam pengambilan gambar dan berlari, sementara gerakan halus seperti menggiring bola dan menembak bagus untuk memperkuat lengan, fleksor pergelangan tangan dan otot tangan Anda.

#7 Meningkatkan kesadaran spasial

Kesadaran spasial adalah mengetahui di mana tubuh Anda berada dalam ruang dan waktu. Pernah bertanya-tanya mengapa kucing selalu mendarat tepat di kakinya? Kesadaran tubuh ini membantu Anda agar tetap seimbang.

#8 Perkembangan Mental

Permainan bola basket memerlukan berbagai keterampilan fisik, tapi juga permainan mental yang serba cepat. Penelitian tentang aspek mental permainan bola basket telah mengungkapkan bahwa pemain harus mengembangkan banyak perhatian untuk memproses secara cepat dan akurat apa yang terjadi di lapangan dan membuat keputusan yang efektif dengan bola dan pertahanan. Selama permainan yang serba cepat, Anda harus melatih diri untuk terus mengamati rekan tim dan lawan Anda dan mengevaluasi tindakan apa yang harus diambil untuk menanggapi tindakan mereka. Ini bisa diterjemahkan untuk membantu Anda membuat keputusan cepat mengenai pekerjaan dan situasi kehidupan nyata lainnya.

#9 Mengurangi Stres dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Permainan bola basket dapat mengurangi stres sehingga membantu Anda fokus dan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas. Bermain basket dan olahraga lainnya membantu mengurangi stres dan memberi kesempatan kepada pemain untuk bersosialisasi. Orang yang bersifat sosial jarang mengalami depresi, dan juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

#10 Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bermain bola basket benar-benar meningkatkan kepercayaan diri siapa pun. Membuat tembakan yang bagus dan menjadi bagian dari tim yang baik dapat meningkatkan harga diri Anda dan membantu mendapatkan kepercayaan diri lebih tinggi. Seseorang yang percaya diri memiliki lebih banyak kepercayaan akan keterampilannya dan dapat menghadapi kehidupan dengan disposisi yang lebih baik.

Nah, itulah 10 Manfaat Bermain Basket Bagi Kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+