9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

25 Maret 2017

9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan – Semangka adalah buah lezat dan menyegarkan yang juga baik bagi tubuh. Semangka merupakan buah rendah kalori yang hanya mengandung 46 kalori per cangkir, namun tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin A, dan senyawa lainnya. Berikut 9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan yang telah kami lansir dari berbagai sumber:

9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

#1 Membantu Hidrasi Tubuh

Salah satu cara untuk mengatasi dehidrasi adalah dengan minum air. Namun, menariknya, semangka juga dapat digunakan sebagai makanan untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung 92% air. Selain itu, semangka juga dapat membuat tubuh merasa kenyang karena kombinasi dari air dan serat yang terkandung di dalamnnya.

#2 Mengandung Nutrisi

Dari sekian banyak buah-buahan, semangka adalah salah satu buah yang rendah akan kalori – hanya sekitar 46 kalori dalam satu cangkir. Kandungan tersebut bahkan lebih rendah dibanding buah berry yang selama ini dipercaya sebagai buah “rendah gula”.

Selain itu, dalam 1 cangkir (154 gram) semangka juga mengandung banyak nutrisi yang berfungsi bagi tubuh:

  1. Vitamin C: 21% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi)
  2. Vitamin A: 18% dari AKG
  3. Kalium: 5% dari AKG
  4. Magnesium: 4% dari AKG
  5. Vitamin B1, B5, dan B6: 3% dari AKG

Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen. Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, salah satu asam amino yang penting bagi tubuh.

Kandungan antioksidan penting yang ada dalam buah semangka:

Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Karotenoid: Karotenoid adalah senyawa tanaman yang mencakup alpha-karoten dan beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Likopen: Likopen adalah jenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. Antioksidan kuat ini memberikan warna merah dan terhubung dengan banyak manfaat kesehatan.

Cucurbitacin E: Cucurbitacin E adalah senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

#3 Mengandung Senyawa yang Berfungsi Mencegah Kanker

Para peneliti telah mempelajari bahwa likopen dan senyawa lain yang terkandung dalam semangka dapat berfungsi sebagai anti kanker. Likopen dapat mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor insulin-like growth (IGF), yaitu protein yang terlibat dalam pembelahan sel.

Selain itu, kandungan cucurbitacin E yang ada pada semangka juga telah diteliti dan menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan tumor.

#4 Meningkatkan Kesehatan Jantung

Hingga saat ini, penyakit jantung merupakan penyakit dengan penyebab nomor satu kematian di seluruh dunia. Faktor gaya hidup, termasuk pola makan, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Studi menunjukkan bahwa likopen yang ada dalam semangka dapat berfungsi menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif kolesterol.

Menurut studi di Obese Postmenopausal Women and Finnish Men, likopen juga dapat membantu mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri.

Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat ini dapat membantu memperluas pembuluh darah sehingga dapat berefek menurunkan tekanan darah.

Vitamin dan mineral dalam semangka lainnya juga baik untuk jantung, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan kalium.

#5 Menurunkan Inflamasi (Peradangan) dan Stres Oksidatif

Inflamasi (peradangan) merupakan penyebab utama dari sekian banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif karena kaya akan kandungan anti-inflamasi, antioksidan, likopen, dan vitamin C.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015, tikus laboratorium yang diberi makan bubuk semangka untuk melengkapi diet yang tidak sehat memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah dari protein C-reaktif (tanda peradangan) dan stres oksidatif yang rendah dibandingkan dengan tikus kontrol yang tidak diberi makan bubuk semangka.

Sebagai antioksidan, likopen juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Sebagai contoh, likopen dapat membantu menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer.

#6  Mencegah Terjadinya Degenerasi Makula

Degenerasi makula atau makular adalah kondisi medis kronik tidak dapat diperbaiki yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula, atau bagian tengah retina. Kandungan likopen yang ada dalam semangka dapat berperan sebagai antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula.

#7 Membantu Meringankan Nyeri Otot

Citrulline, asam amino yang terdapat dalam semangka dapat berfungsi untuk mengurangi nyeri otot.

Salah Satu studi kecil melakukan pengujuan dengan memberikan jus semangka, jus semangka + citrulline, dan minuman citrulline. Hasilnya adalah kedua minuman semangka (jus semangka dan jus semangka + citrulline) dapat mengurangi nyeri otot lebih baik dibandingkan minuman citrulline.

Para peneliti juga melakukan percobaan pada tabung untuk menyelidiki penyerapan citrulline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyerapan citrulline adalah paling efektif jika dikonsumsi sebagai komponen dari jus semangka.

Penelitian lain juga telah melihat potensi citrulline untuk meningkatkan daya tahan latihan dan kinerja. Namun, sejauh ini belum ditemukan efek citrulline terhadap kinerja latihan secara signifikan.

#8 Baik untuk Kulit dan Rambut

Dua vitamin yang terkandung dalam semangka, yaitu vitamin A dan vitamin C sangat berperan penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi kencang dan rambut menjadi kuat. Vitamin A dapat membantu dalam proses perbaikan sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit dapat terlihat kering dan bersisik.

Selain itu, likopen dan beta-karoten yang terkandung juga dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

#9 Membantu Meningkatkan Pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sejumlah serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat yang terkandung dapat memberikan massa untuk tinja, sementara air membantu menjaga saluran pencernaan bergerak secara efisien.

Nah, dari 9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa semangka adalah buah yang sangat menyehatkan. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan juga memberikan banyak nutrisi penting lainnya, termasuk likopen dan vitamin C.

1 komentar pada artikel "9 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+