5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

4 Juli 2017

Terong merupakan bahan yang sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, namun secara teknis terong adalah buah, karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung benih. Ada begitu banyak varietas terong yang terdiri dari berbagai ukuran dan warna. Warna yang paling umum dari terong adalah ungu tua. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa manfaat terong bagi kesehatan.

5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

1. Terong kaya akan nutrisi

Terong adalah bahan yang kaya akan nutrisi. Terong mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat. Dalam 82 gram terong mentah dapat mengandung nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 20 kalori
  • Karbohidrat: 5 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Mangan: 10% dari jumlah yang disarankan per hari
  • Folat: 5% dari jumlah yang disarankan per hari
  • Kalium: 5% dari jumlah yang disarankan per hari
  • Vitamin K: 4% dari jumlah yang disarankan per hari
  • Vitamin C: 3% dari jumlah yang disarankan per hari

Selain itu, terong juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya, termasuk niasin, magnesium, dan tembaga.

2. Terong kaya akan antioksidan

Selain mengandung aneka vitamin dan mineral, terong juga mengandung banyak antioksidan. Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Terong kaya akan antosianin (sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang bertanggung jawab atas warna cerahnya). Secara khusus, antosianin pada terong disebut nasunin yang sangat bermanfaat. Faktanya, beberapa penelitian telah memastikan bahwa antosianin efektif melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas berbahaya.

3. Terong dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Berkat kandungan antioksidannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, kelinci dengan kolesterol tinggi diberi 0,3 ons (10 mL) jus terong setiap hari selama 2 minggu. Pada akhir penelitian, kelinci percobaan tersebut memiliki tingkat kolesterol LDL dan trigliserida yang rendah (dua spidol darah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung saat kadarnya tinggi). Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa terong memiliki efek perlindungan pada jantung.

Meskipun hasil penelitian terlihat sangat menjanjikan, tentunya penting untuk dicatat bahwa penelitian tersebut terbatas pada studi tabung dan hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana terong dapat mempengaruhi kesehatan jantung pada manusia.

4. Terong dapat mengendalikan kadar gula darah

Menambahkan terong ke dalam makanan dapat membantu tubuh menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Hal ini dikarenakan terong mengandung kadar serat tinggi. Serat bisa menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan yang lebih lambat membuat kadar gula darah tetap stabil dan mencegah adanya lonjakan kadar gula darah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa polifenol, atau senyawa tanaman alami, yang ditemukan pada makanan seperti terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

5. Terong dapat membantu menurunkan berat badan

Terong mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori, menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk rejimen penurunan berat badan. Serat bergerak secara perlahan pada saluran pencernaan dan bisa meningkatkan rasa “kepenuhan” dan kenyang, sehingga dapat mengurangi asupan kalori. Setiap 82 gram terong mentah mengandung 3 gram serat dan hanya mengandung 20 kalori.

Selain itu, terong juga sering digunakan sebagai pengganti serat tinggi dan rendah kalori untuk bahan berkalori tinggi dalam resep.

Nah, itulah 5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. Jadi, jangan remehkan terong sebagai makanan ya karena ternyata terong memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+