Update Tentang Komputer: Mengenal Lebih Dekat Komputer Ramah Lingkungan

12 Juli 2017

Komputer sudah menjadi salah satu perangkat wajib bagi manusia guna menunjang pekerjaan mereka. Sarana yang satu ini membantu untuk pembuatan dokumen, akses internet hingga mencari berbagai macam bahan untuk kebutuhan bekerja menjadi semakin mudah. Update tentang komputer, belakangan memang semakin banyak merk-merk komputer yang dijual di pasaran. Anda sendiri bisa memilih berbagai macam seri yang ditawarkan, mulai dari produk komputer rakitan maupun yang dijual secara utuh.

Mengenal Lebih Dekat Komputer Ramah Lingkungan

Mengenal Lebih Dekat Komputer Ramah Lingkungan

Namun harus lebih selektif juga bagi yang terbiasa menggunakan seri rakitan, karena meskipun harganya murah, terkadang komponen yang dirakit tak sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga kualitasnya juga kurang bagus ketika digunakan. Belakangan ini produk komputer yang dijual di pasaran sendiri juga tawarkan seri yang jauh lebih praktis, diantaranya adalah seperti laptop maupun notebook.

Laptop adalah komputer yang hadir dalam ukuran lebih kecil dibandingkan dengan perangkat teknologi yang sebenarnya. Membuat penggunanya bisa lebih mudah membawanya kemana-mana, praktis karena dibekali dengan sebuah baterai, sehingga tak membuat Anda ketergantungan akan listrik ketika akan menggunakan.

Komputer merupakan sarana teknologi yang memang membutuhkan daya cukup tinggi untuk penggunaannya. Tak heran ia juga turut menyumbang emisi bagi bumi. Namun jangan khawatir ternyata sekarang ini sudah banyak diantara produsen yang juga mengeluarkan produk teknologi yang ramah lingkungan, termasuk diantaranya komputer. Umumnya produk semacam ini ditandai dengan label khusus, diantaranya adalah:

  1. EPEAT atau electronic products environmental assessment tool, dimana berarti produk atau bahan yang digunakan dalam perangkat teknologi tersebut masih dalam batasan yang aman bagi lingkungan. Sehingga tak masalah meskipun Anda menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.
  2. Energi star 4.0, yaitu konsumsi daya listrik untuk komputer masuk dalam batasan yang rendah, yaitu kurang dari angka 50W. Patut menjadi pertimbangan bagi Anda, karena dapat mengurangi beban konsumsi listrik di keluarga untuk pemakaian komputer yang sudah mendapatkan logo ini.

Agar perangkat teknologi Anda juga jadi ramah lingkungan, maka berikut ini ada sedikit tips yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Batasi masa penggunaannya, paling tidak untuk kebutuhan bekerja maksimal adalah 12 jam, sedangkan selebihnya istirahatkan, sehingga konsumsi listrik untuk perangkat yang satu ini juga tidak terlalu tinggi.
  2. Bagi pengguna produk komputer rakitan, maka bisa merancang sendiri komponen yang hemat energi.

Penggunaan komputer yang ramah lingkungan ini tak hanya baik bagi bumi, melainkan juga bagi diri Anda sendiri. Update tentang komputer yang lainnya bisa ditemukan diberbagai sumber lain. Ketahui juga beberapa merk atau brand dari komputer yang mengeluarkan produk ramah lingkungannya sehingga bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda ketika akan membeli teknologi yang sehat dan juga aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+