Fakta Jokowi Ma’ruf Amin Selama Kampanye Pemilu 2019

7 Februari 2019

Selama kampanye Pemilu 2019, ada saja hal menarik yang perlu Anda simak dari kedua pasangan Capres dan Cawapres. Misalnya saja, dari kubu Paslon 01, yaitu Jokowi Ma’ruf Amin. Ada banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang pasangan calon presiden dan wakil presiden ini, sebagaimana yang akan dibahas berikut ini!

Fakta Jokowi Ma’ruf Amin Selama Kampanye Pemilu 2019

Fakta Jokowi Ma’ruf Amin Selama Kampanye Pemilu 2019

Fakta Jokowi Ma’ruf Amin Selama Kampanye Pemilu 2019. Photo by Merdeka.com

1. Pasangan Saling Melengkapi

Pernyataan saling melengkapi dari Kyai Ma’ruf Amin sempat terlontar lantaran ada yang mengatakan bahwa terpilihnya ia sebagai calon wakil presiden dari Jokowi adalah hanya untuk jadi alat Jokowi. Penegasan itu dilakukan Kyai Ma’ruf Amin di hadapan ratusan warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah saat kunjungan ke Pondok Pesantren Al Hidayat Krasak.

Menurutnya, ia dan Jokowi adalah pasangan yang akan saling bahu membahu untuk membangun negara ke arah yang lebih baik. Menuju kemaslahatan dan kemanfaat umat serta menghilangkan ancaman ideologi dan bahaya yang mengancam negara.

2. Ungkap Lawan Tandingnya Gunakan Propaganda Rusia

Beberapa waktu yang lalu, kubu Jokowi Ma’ruf Amin sempat mengatakan bahwa lawan tandingnya dalam Pemilu 2019 ini menggunakan propaganda ala Rusia untuk memenangkan pemilihan presiden tersebut. Propaganda ala Rusia ini mengacu pada cara-cara berpolitik yang menggunakan cara menyampaikan berita bohong dan fitnah sebagai senjata.

Hal ini sempat dikatakan Jokowi pada 9 Februari 2019 lalu. Namun, dengan cepat TKN dari kubu lawan mengelak bahwa mereka menggunakan propaganda Rusia tersebut. Menurut mereka, isu itu beredar lantaran video Prabowo yang menyalami sejumlah pejabat tinggi negara sahabat. Mereka juga mengelak dengan mengatakan biaya konsultan asing itu mahal.

3. Klaim Jokowi tentang Tol Indonesia yang Memiliki Panjang 780 Km

Beberapa waktu lalu, saat Jokowi menghadiri HUT Kadin ke-50 pada Senin, 23 September 2018, mengatakan bahwa sejak dioperasikan tol Jagorawi-Bogor-Ciawi atau disebut juga dengan Hagorawi pada Maret 1987 hingga 2018, setidaknya Indonesia sudah memiliki jalan tol dengan panjang total 780 km.

Dalam situs Kementrian PURP, disebutkan sejak tahun 1987 hingga sekarang, Indonesia memang sudah memiliki jalan tol sepanjang 780 km. Itu artinya, apa yang dikatakan Jokowi dalam pidatonya benar-benar fakta.

4. Lebih Membahas Strategi

Beda kubu Jokowi dan pasangan cawapresnya dengan lawan ketika berkampanye adalah apa yang mereka bahas. Saat ini, kubu Jokowi lebih banyak membahas tentang tim dan strategi pemenangan serta pematangan visi dan misi. Sedangkan untuk lawannya, lebih mematangkan soal koalisi.

5. Ma’aruf Amin Sempat Terpilih Sebagai Anggota DPR/MPR RI

Meski selama ini Anda mengira bahwa Ma’ruf Amin adalah seorang kyai besar, siapa sangka sebenarnya beliau sudah turun ke dunia politik jauh hari sebelum agenda Pemilu 2019 ini. Dalam dunia perpolitikan, sebenarnya Ma’ruf Amin sudah berkecimpung sejak lama, bahkan sejak era Reformasi bergulir di tahun 1998.

Beliau tercatat sebagai anggota DPRD DKI dari Partai Persatuan Pembangunan dan juga sempat menjadi anggota DPR/MPR RI dari PKB. Namun, beberapa tahun terakhir, dikarenakan panasnya dunia perpolitikan, beliau memilih mundur dan lebih fokus pada PBNU dan MUI sebelum akhirnya pada tahun 2019 ini kembali terjun ke dunia politik.

Itulah beberapa fakta tentang pasangan Capres dan Cawapres Paslon 01 Jokowi Ma’ruf Amin yang sebaiknya Anda ketahui. Fakta tersebut beredar sepanjang kampanye Pemilu 2019 ini. Apapun pilihan politik Anda nantinya, ada baiknya Anda melihat kedua pasangan Capres dan Cawapres ini dari dua sisi yang beda. Tidak semata karena rasa kagum saja, ya!

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+