Cara Klaim Biaya Pengobatan Akibat Kecelakaan

21 Desember 2020

Jika ingin masa depan lebih terjamin, Anda bisa menggunakan layanan asuransi. Layanan asuransi ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Anda bisa menggunakan berbagai jenis asuransi, salah satunya asuransi kecelakaan diri perorangan. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui bagaimana cara klaim asuransi kecelakaan diri peroranganĀ  yang benar.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa setiap perusahaan asuransi dan polis tentu memiliki aturan dan proses yang berbeda terkait cara melakukan klaim. Biasanya, perusahaan asuransi ingin mengetahui tanggal, lokasi, dan detail insiden, bahkan termasuk nama dan detail kontak pengemudi lain. Anda bahkan mungkin perlu mengirimkan gambar yang menunjukkan bagaimana kecelakaan itu terjadi.

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri Perorangan

Cara Klaim Biaya Pengobatan Akibat Kecelakaan

Ilustrasi penandatanganan asuransi (Business photo created by tirachardz on Freepik)

Berikut ini saya bagikan tentang bagaimana cara klaim asuransi kecelakan diri perorangan untuk biaya pengobatan akibat kecelakaan dari perusahaan asuransi yang saya ringkas dari artikel cara klaim asuransi di perusahaan asuransi Zurich.

1. Menghubungi perusahaan asuransi

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menghubungi perusahaan asuransi. Anda harus melaporkannya dalam jangka waktu 7×24 jam agar pengajuan klaim tidak ditolak oleh pihak perusahaan. Anda bisa menghubungi melalui via email atau telepon. Setelah itu, pihak asuransi akan memberikan prosedur pengajuan klaim asuransi kepada Anda.

2. Mempersiapkan berkas

Siapkan berkas-berkas atau dokumen sebagai persyaratan pengajuan klaim. Dokumen-dokumen yang harus Anda persiapkan meliputi:

  • Formulir klaim yang telah dilengkapi
  • Kronologis Kejadian
  • Fotokopi KTP
  • Foto Kopi SIM yang masih berlaku (untuk KLL di mana Tertanggung sebagai pengendara kendaraan bermotor)
  • Surat Keterangan Dokter
  • Kwitansi rumah sakit asli dan perinciannya
  • Laporan kepolisian (untuk kecelakaan lalu lintas, tindakan kriminal, dsb.)
  • Dokumen lainnya, apabila diperlukan, akan diinformasikan secara terpisah setelah menerima dokumen awal.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya waktu untuk melengkapi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kecelakaan memiliki batas maksimal. Di perusahaan Zurich sendiri, waktu untuk melengkapi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kecelakaan ditetapkan paling lambat 14 hari dari tanggal kecelakaan.

Itulah beberapa informasi tentang cara klaim asuransi biaya pengobatan akibat kecelakaan yang bisa diterapkan jika Anda ingin mengajukan klaim. Selalu patuhi prosedur pengajuan klaim agar prosesnya menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+