Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan, Motorik, Sosial, dan Kemampuan Bicara

28 Januari 2018

Bayi umur 5 bulan pada umumnya sudah bisa banyak hal dibanding saat mereka bayi, salah satunya adalah tengkurap. Tumbuh kembang bayi 5 bulan biasanya sudah sangat baik. Berat badannya bahkan ada yang sudah mencapai 2 kali lipat dari berat badan mereka baru lahir. Lalu, apa saja perkembangan bayi 5 bulan itu?

Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan, Motorik, Sosial, dan Kemampuan Bicara

Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan, Motorik, Sosial, dan Kemampuan Bicara

Kemampuan Motorik

Di usia 5 bulan, perkembangan motorik bayi biasanya sudah sangat baik. Mereka sudah dapat berguling dari telentang ke tengkurap dan sebaliknya. Bahkan, pada beberapa ada beberapa bayi yang sudah bisa duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh mereka menggunakan dua tangan.

Untuk menstabilkan tubuh mereka, biasanya kedua kakinya akan direntangkan menyerupai huruf V. Perkembangan ini menunjukkan mereka siap merangkak beberapa bulan ke depan. Pada usia ini, bayi juga sudah dapat meraih beberapa benda yang ada dalam jangkauannya serta mulai memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain.

Bila Anda mencoba meletakkan mainan gantung di sekitar tempat tidur mereka, mereka juga akan berusaha untuk menjangkaunya. Anda dapat melatih otot-otot motoriknya dengan menempatkan mainan bayi pada jangkauan sang bati dan biarkan mereka mencoba menjangkaunya. Bisa juga dengan mengajarinya memindah-mindahkannya di kedua tangan.

Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial bayi umur 5 bulan juga berkembang. Dia akan tahu kalau Anda sedang memanggil atau membicarakannya. Dia akan menoleh begitu Anda panggil. Selain itu, mereka juga sudah mulai dapat memberikan ciuman dan pelukan pada Anda. Dia juga akan mengangkat tangan sebagai tanda minta digendong atau menangis begitu Anda jauh darinya.

Bayi usia 5 bulan biasanya juga sudah bisa menjerit, menirukan suara atau bersuara dengan nada yang berbeda-beda sesuai suasana hatinya. Baik itu saat merasa senang, puas, kecewa ataupun sedih. Pada usia ini, mereka akan senang bila didengarkan, direspon saat mereka bersuara atau diajak bicara. Maka, usahakan Anda selalu melakukannya, ya!

Kemampuan Bicara

Untuk kemampuan bicara, pada usia ini bayi Anda sudah dapat memperhatikan dengan saksama saat Anda bicara. Ocehannya pun sudah mulai beragam. Tak hanya ‘ah’ saja, mereka sudah bisa mengeluarkan sepatah kata seperti ‘ma’, ‘pa’, ‘ba’, atau ‘ga’. Beberapa bayi malah bisa menggabungkannya menjadi kata yang benar.

Di usia ini juga, bayi Anda sudah familiar dengan bunyi-bunyi yang terdengar sehari-hari seperti bunyi TV, bunyi binatang peliharaan, suara telepon, atau suara-suara lainnya yang sering mereka dengar. Nah, bayi pada usia ini baru akan menoleh bila ada suara baru yang mereka dengar.

Tumbuh kembang bayi 5 bulan Anda makin terlihat, kan? Nah, agar mereka selalu senantiasa sehat dan menggemaskan, Anda harus memberikan mereka yang terbaik. Salah satunya adalah produk yang bisa mendukung mereka seperti Zwitsal. Zwitsal menyediakan beragam kebutuhan mereka seperti bedak, minyak telon dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+