5 Cara Mengurangi Lapar dan Nafsu Makan

11 Juni 2017

Secara umum, untuk menurunkan berat badan Anda perlu mengurangi asupan kalori harian dengan cara melakukan diet. Namun sayangnya, pada saat diet Anda sering mengalami kelaparan yang sangat parah dan nafsu makan yang sangat tinggi, sehingga kadang diet yang Anda jalankan sering mengalami kegagalan. Berikut 5 cara mengurangi lapar dan nafsu makan yang bisa Anda coba di rumah.

5 Cara Mengurangi Lapar dan Nafsu Makan

5 Cara Mengurangi Lapar dan Nafsu Makan

5 Cara Mengurangi Lapar dan Nafsu Makan

1. Makan Protein yang Cukup

Menambahkan lebih banyak protein pada makanan dapat meningkatkan sinyal kenyang pada otak. Sinyal tersebut tentunya dapat membuat Anda akan lebih jarang untuk makan karena sedang merasa kenyang. Semakin sedikit Anda makan, maka otomatis dapat membantu mengurangi lemak di dalam tubuh.

2. Konsumi Makanan Kaya Serat

Asupan serat yang tinggi dapat membuat penuh merasa penuh, memperlambat tingkat pengosongan lambung, dan mempengaruhi pelepasan hormon “kenyang” pada tubuh. Selain itu, serat juga bisa mengalami fermentasi di usus. Hal ini akan mengahasilkan asam lemak rantai pendek yang dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang.

Faktanya, sebuah laporan terbaru melaporkan bahwa menambahkan kacang kaya serat, seperti kacang polong, buncis, dan kacang lentil ke makanan Anda dapat meningkatkan perasaan kenyang sebesar 31% lebih besar dibandingkan dengan makanan setara yang tidak mengandung kacang.

3. Minum Kopi

Kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kinerja olahraga. Selain itu, kopi juga dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa kopi meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY). Hormon ini diproduksi di dalam usus sebagai respons terhadap makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Para ilmuwan percaya bahwa tingkat PYY memainkan peran penting dalam menentukan seberapa besar kemungkinan Anda makan.

4. Minum Air Putih

Minum air putih bisa membantu mengurangi rasa lapar yang Anda rasakan sebelum makan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum 2 gelas air putih sebelum makan dapat meningkatkan rasa kenyang sebanyak 22% lebih banyak dibanding mereka yang tidak minum air putih sebelum makan. Peneliti percaya bahwa sekitar 17 oz (500 mL) air cukup untuk meregangkan perut agar bisa mengirim sinyal kenyang ke otak.

Konon, air juga diketahui dapat mengosongkan perut dengan cepat. Oleh karena itu, agar tips menghilangkan rasa lapar ini bisa bekerja, sebaiknya Anda mengkonsumsi lebih banyak air putih setiap hari.

5. Mengkonsumsi Dark Cokelat

Dark cokelat diperkirakan dapat membantu mengurangi nafsu makan. Peneliti meyakini bahwa asam stearat dalam dark cokelat dapat membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan perasaan kenyang. Menariknya, sebuah penelitian menyatakan bahwa hanya dengan mencium dark cokelat saja sudah dapat memberikan efek yang sama seperti mengkonsumsinya.

Nah, itulah 5 Cara Mengurangi Lapar dan Nafsu Makan yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi rasa lapar saat sedang menjalani program diet. Silakan dicoba, semoga bermanfaat 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+