Penyebab Mata Merah dan Berair serta Cara Mengatasinya

27 Januari 2018

Mata Anda merah dan berair? Rasanya pasti tidak nyaman, bukan? Apalagi mata adalah organ penting yang menunjang segala aktivitas Anda. Bisa dibayangkan betapa sulitnya Anda mengerjakan pekerjaan dengan mata merah dan berair. Untuk itu, Anda harus segera mengatasinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Penyebab Mata Merah dan Berair serta Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Merah dan Berair serta Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Merah dan Berair

Gangguan pada mata yang satu ini umumnya disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab yang paling sering ditemukan adalah karena Anda alergi. Mata, sama seperti organ tubuh Anda yang lain yang memiliki reaksi apabila ada benda asing yang mengganggunya. Nah, benda asing inilah yang jadi penyebab utama mata Anda merah dan berair. Biasanya, benda asing itu terdiri atas debu, serbuk sari bunga atau bulu binatang yang berterbangan di udara. bisa juga karena zat kimia seperti asap rokok.

Untuk penyebab mata Anda merah dan berair lainnya, bisa terjadi karena conjunctivitis. Conjunctivitis adalah radang yang menyerang lapisan luar kornea mata Anda. Gangguan ini menyebabkan lapisan mata terluar merah dan terasa mengganggu.

Sedangkan penyebab ketiga adalah karena Computer Vision Syndrome. Dari namanya saja Anda pasti tahu apa yang menyebabkan gangguan yang satu ini, kan? Yup! Mata Anda merah dan berair karena terlalu lama menatap layar komputer atau gadget Anda.

Nah, untuk penyebab terakhir, biasanya adalah iritasi karena penggunakan lensa kontak. Anda harus tahu, saat menggunakan lensa kontak, Anda harus sering membersihkannya. Lensa kontak yang kotor akan menyebabkan mata Anda merah dan berair. Apalagi kalau lensa kontak Anda sudah kedaluwarsa. Akibatnya bisa berbahaya untuk mata Anda.

Cara Mengatasi Mata Merah dan Berair

Untuk mengatasi mata yang merah dan berair, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melepas kacamata, lensa kontak atau membersihkan kosmetik di sekitar mata Anda. Melepas kacamata dan lensa kontak akan membuat mata Anda lebih santai sejenak, jadi tidak terlalu tegang.

Sedangkan menghapus kosmetik di sekitar mata juga bisa berguna sebab akan menjauhkan mata Anda dari iritasi. Mata yang merah dan berair akan melakukan pemulihan sendiri setelah Anda melepaskan kosmetik yang mengganggu itu. Nah, untuk cara kedua bisa Anda lakukan dengan menjaga kelembaban mata.

Anda juga harus mengurangi mata Anda terpapar sinar komputer atau gadget selama beberapa saat. Dengan begini, mata Anda akan menjadi lebih rileks dan bebas dari beban tersebut. Sama seperti melepas kosmetik, mata Anda akan melakukan pemulihan sendiri setelahnya.

Lalu, Anda bisa mencoba menggunakan obat tetes mata. Pada obat tetes mata biasanya ada kandungan zat yang bisa mengatasi mata merah dan menghentikan pendarahan ringan di sekitar mata. Selain itu, obat tetes mata juga mengandung Kotitofen yang bisa membebaskan mata Anda dari alergi akibat kemasukan benda asing.

Nah, untuk cara terakhir, Anda bisa merelaksasi mata Anda. Caranya, hanya perlu memijatnya saja. Otot-otot di sekitar mata yang tegang adalah penyebab dari mata yang merah dan berair. Cara melakukannya, Anda hanya perlu memijat lembut di sekitar kelopak mata dan pelipis. Tapi, sebelum melakukannya, pastikan tangan Anda bersih, ya!

Cara menghilangkan mata merah dan berair sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Cukup jaga kebersihan saja. Untuk itu, selalu jagalah kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun Lifeboy yang terbukti mampu mengusir kuman penyebab penyakit dari diri Anda. Salah satunya dari tangan yang biasanya membawa penyebab mata Anda mengalami masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+