5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

1 Maret 2017

5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan – Teh hijau hingga sekarang dipercaya sebagai minuman paling sehat di planet ini. Hal ini disebabkan karena teh hijau sarat dengan kandungan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek positif bagi tubuh. Efek positif tersebut meliputi dapat meningkatkan fungsi otak, menghilangkan lemak, dan banyak manfaat luar biasa lainnya. Berikut ini adalah 5 manfaat teh hijau bagi kesehatan yang telah dikonfirmasi dalam studi penelitian manusia.

5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

1. Teh Hijau dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan utama dari teh hijau adalah kafein yang dikenal berfungsi sebagai stimulan. Meskipun teh hijau tidak mengandung kafein sebanyak kopi, tapi kandungan yang ada cukup untuk menghasilkan respon tanpa menyebabkan efek “kegelisahan” yang terkait dengan kandungan kafein yang terlalu banyak. Kafein telah dipelajari secara intensif dapat memperbaiki berbagai aspek fungsi otak, seperti memperbaiki suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori (ingatan).

Selain mengandung kafein, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine. Senyawa ini mampu melintasi penghalang darah-otak dan meningkatkan aktivitas neurotransmitter inhibisi GABA yang memiliki efek anti-cemas.

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine memiliki efek yang sinergis (saling mendukung). Kombinasi dari 2 senyawa ini sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi otak.

Banyak orang melaporkan memiliki energi lebih stabil dan menjadi jauh lebih produktif ketika mereka meminum teh hijau dibandingkan saat mereka minum kopi.

2. Teh Hijau Meningkatkan Pembakaran lemak dan Meningkatkan Kinerja Fisik

Jika Anda melihat komposisi dari suplemen pembakar lemak, maka kemungkinan besar akan ada kandungan teh hijau di dalamnya. Hal ini dikarenakan teh hijau telah terbukti mampu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan tingkat metabolisme.

Dalam satu penelitian pada 10 pria sehat, teh hijau meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%. Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak meningkat sebesar 17% yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat secara selektif meningkatkan pembakaran lemak.

Kafein yang terkandung pada teh hijau juga mampu meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan mengubahnya menjadi energi. Dalam 2 studi review terpisah, kafein terbukti mampu meningkatkan kinerja fisik sebanyak 11-12%.

3. Teh Hijau dapat Menurunkan Risiko Berbagai Jenis Kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Hal disebabkan karena kerusakan oksidatif pada perkembangan kanker dan dapat diatasi dengan antioksidan. Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, sehingga dapat mengurangi risiko terkena kanker, seperti:

Kanker payudara: Sebuah studi observasional menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko 22% lebih rendah terkena kanker payudara.

Kanker prostat: Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko 48% lebih rendah terkena kanker prostat.

Kanker kolorektal: Sebuah studi dari 69.710 wanita Cina menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko 57% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Beberapa studi lain menunjukkan bahwa orang yang minum teh hijau secara rutin memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena berbagai jenis kanker.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan menambahkan susu pada saat minum teh hijau karena susu dapat mengurangi nilai antioksidan pada teh hijau.

4. Teh Hijau dapat Menurunkan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Selain meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, teh hijau juga dapat melindungi otak Anda pada usia tua dan mencegah penyakit alzheimer dan parkinson. Penyakit alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada orang tua dan merupakan penyebab utama dari demensia (penurunan fungsi otak). Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum kedua dan melibatkan kematian dopamin untuk memproduksi neuron di otak.

Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa katekin dalam teh hijau memiliki efek perlindungan pada neuron saat diuji pada tabung reaksi dan hewan uji. Hal itu menunjukkan potensi teh hijau untuk menurunkan risiko alzheimer dan parkinson.

5. Teh Hijau Bisa Membunuh Bakteri sehingga Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Menurunkan Risiko Infeksi

Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa katekin pada teh hijau dapat membunuh bakteri dan menghambat virus seperti virus influenza, sehingga mampu menurunkan risiko infeksi.

Streptococcus mutans adalah bakteri paling berbahaya di dalam mulut. Hal ini menyebabkan pembentukan plak dan menjadi penyebab utama pada kerusakan gigi. Studi menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans.

Manfaat mengagumkan lain dari teh hijau adalah beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi bau mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+