Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

9 Januari 2017

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami – Kolesterol adalah zat alami yang produksi di hati dan diperlukan oleh tubuh agar sel, saraf, dan hormon dapat berfungsi dengan tepat. Kolesterol beredar sebagai lipid (asam lemak) pada aliran darah dan dapat membentuk plak di dinding arteri sehingga dapat menghalangi aliran darah ke daerah tubuh yang vital. Jika plak terus menumpuk secara signifikan maka risiko terkena serangan jantung atau stroke akan semakin besar.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami. Sumber foto: eatrightontario.ca

Secara normal, kadar kolesterol tetap seimbang di dalam tubuh. Namun, pola makan yang tidak sehat dan mengandung banyak lemak terhidrogenasi dan karbohidrat olahan dapat mengganggu keseimbangan tersebut. Kondisi tersebut berupa ketidakseimbangan LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik) yang ada dalam darah sehingga yang meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung atau stroke. Penyebab lain tingginya kolesterol adalah kurang aktif (kurang beraktivitas), diabetes, stres, dan hipotiroidisme.

Sekedar informasi, ada tiga jenis lipoprotein dalam darah dan penting bagi kesehatan kita, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), dan trigliserida. LDL dikenal sebagai kolesterol jahat karena rendah protein dan tinggi kolesterol. Sedangkan HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena tinggi protein dan rendah kolesterol. Di sisi lain, trigliserida merupakan lemak yang terpisah di aliran darah, berfungsi untuk menyimpan kelebihan energi dalam tubuh dan berbahaya jika kadarnya tinggi.

Rentang Kadar Kolesterol Normal

Kolesterol total

Ideal: < 200 mg/dL
Lumayan tinggi: 200-239 mg/dL
Tinggi: > 240 mg/dL

Kolesterol LDL

Ideal untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyaki jantung: < 70 mg/dL
Ideal untuk orang yang berisiko terkena penyakit jantung: < 100 mg/dL
Ideal: 100-129 mg/dL
Lumayan tinggi: 130-159 mg/dL
Tinggi: 160-189 mg/dL
Sangat tinggi: >190 mg/dL

Kolesterol HDL

Rendah (pria): < 40 mg/dL
Rendah (wanita): < 50 mg/dL
Ideal: 50-59 mg/dL
Sangat idel: > 60 mg/dL

Trigliserida

Ideal: < 150 mg/dL
Lumayan tinggi: 150-199 mg/dL
Tinggi: 200-499 mg/dL
Sangat tinggi: 500 mg/dL

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa tingkat trigliserida yang bagus adalah kurang dari 100 mg/dL.

Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika kalian ingin menurunkan kolesterol, maka kuncinya adalah diet. Berikut adalah makanan terbaik yang dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami:

Lemak Omega-3. Makanan tinggi lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Makanan tinggi serat larut. Serat larut dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga dapat dibuang oleh tubuh. Oleh karena itu, perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan kaya serat lainnya.

Minyak zaitun. Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL.

Bawang putih dan bawang. Kedua makanan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL karena senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya dapat membersihkan arteri.

Herbal. Tambahkan berbagai rempah-rempah seperti kemangi dan kunyit pada makanan kalian karena makanan tersebut mengandung antioksidan yang  dapat melindungi jantung dan membantu menurunkan kolesterol secara alami.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jadi, usahakan untuk menghindari mengkonsumsi makanan berikut ini:

Gula dan karbohidrat olahan. Keduanya dapat merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol dan meningkatkan peradangan.

Alkohol. Alkohol dapat merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan peradangan.

Lemak terhidrogenasi. Minyak sayur yang pro-inflamasi dan dapat meningkatkan kolesterol.

Kafein. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan kolesterol. Cobalah batasi kopi atau teh tidak lebih dari 1-2 cangkir per hari.

Lemak trans. Meningkatkan kolesterol LDL, peradangan, dan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol serta menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di atas, kalian juga harus melakukan olahraga dan latihan beban karena dapat meningkatkan HGH (hormon pertumbuhan manusia) yang dapat meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+