Penyebab Sakit Kepala Paling Umum

28 Februari 2017




Penyebab Sakit Kepala Paling Umum – Terkadang beberapa orang mengalami sakit kepala yang sering kambuh, padahalĀ  mereka merasa tidak memiliki penyakit kronis tertentu. Sebelum Anda menduga-duga, Anda perlu mengetahui bahwa ada ratusan jenis sakit kepala yang ada secara garis besar dibagi menjadi 2 tipe, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer, yang penyebabnya bukan penyakit lain, namun kegiatan yang Anda lakukan atau kondisi lingkungan. Berikut beberapa penyebab sakit kepala paling umum.

Penyebab Sakit Kepala Paling Umum

Penyebab Sakit Kepala Paling Umum

Penyebab Sakit Kepala Paling Umum. Foto: reachingutopia

Terlalu kelelahan

Tubuh yang terlalu kelelahan ternyata dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Jadi sebaiknya Anda tidak terlalu memforsir kerja otak dan tubuh, pasalnya hal ini membuat tubuh Anda tidak sengaja menyebabkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah di dahi, kepala, atau bahkan leher yang membuat kepala menjadi terasa berat dan nyut-nyutan.

Kebisingan, intensitas cahaya tinggi, atau karena bau menyengat

Ketika sensor panca indera Anda menerima terlalu banyak stimulus, hal ini membuat panca indera tersebut tidak bekerja secara optimal dan bahkan dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Oleh karenanya, terkadang kepala Anda bisa mendadak pusing setelah mendengar suara yang terlalu keras, melihat cahaya silau, atau mencium bau yang menyengat.

Kurang atau kebanyakan tidur

Waktu tidur yang cukup menjadi kunci penting menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya selama tidur, tubuh akan melakukan penyesuaian dan restorasi energi. Pada saat proses penyesuaian dan restorasi energi pada tubuh ini terganggu, hal ini menjadi penyebab sakit kepala. Tidak hanya itu saja, kebanyakan tidur pun juga tidak baik, hal ini dapat menyebabkan kinerja otak menjadi terganggu sehingga memicu terjadinya sakit kepala.

Telat makan

Jadwal makan yang berantakan ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Hal ini dikarenakan kadar gula dan air dalam tubuh menurun secara drastis, otak tidak memperoleh asupan energi dan oksigen yang cukup. Inilah yang menyebabkan kepala mudah pusing.

Suhu ekstrim

Cuaca yang terlalu panas atau pun terlalu dingin terkadang seringkali menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Banyak para ilmuan yang meyakini bahwa hal seperti ini berkaitan dengan pembuluh darah yang mengembang atau pun menyempit pada tekanan udara tertentu yang menyebabkan kepala menjadi pusing.

Makanan

Pada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang melepaskan sesuatu yang disebut dengan neurotrasmitter ketika dikonsumsi. Pada saat neurotrasmitter ini dilepaskan, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena tidak semua makanan dan minuman bisa menjadi pemicu terjadinya sakit kepala.

Stres

Tidak heran, jika stres menjadi salah satu penyebab sakit kepala paling umum.. Kalau sudah stres, hal ini bisa membuat kondisi tubuh mengalami sakit kepala, dan emosi yang tidak stabil.

Nah, itulah Penyebab Sakit Kepala Paling Umum. Dengan mengetahuinya, semoga Anda bisa menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan sakit kepala.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+