Pengertian dan Manfaat Pembayaran Secara Digital untuk Bisnis

23 Februari 2022

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern, orang-orang mulai beralih pada segala hal yang berbau kepraktisan. Dalam urusan jual beli atau kemudahan pembayaran transaksi offline atau online pun, uang digital menjadi pilihan tersendiri. Kini setiap merchant wajib memiliki fasilitas pembayaran digital untuk meningkatkan omzet sekaligus mengikuti tren yang berubah. Bila usaha Anda tidak memiliki fitur ini, maka sulit bersaing dengan kompetitor inovatif di luar sana.

5 Manfaat Pembayaran Digital untuk Bisnis Anda

Manfaat Pembayaran Secara Digital untuk Bisnis

Ilustrasi pembayaran digital

Pengertian pembayaran digital adalah transaksi keuangan yang dilakukan secara cashless atau non tunai memakai aplikasi. Bila dulu orang bisa melakukan pembayaran non tunai dengan keberadaan kartu debit atau kartu kredit secara konvensional, kini kemudahan pembayaran bisa dilakukan dengan satu klik saja. Apalagi fenomena pandemi yang membuat orang membatasi sistem transaksi yang memakai uang tunai demi menekan risiko penyebaran virus corona, maka Anda wajib beralih pada sistem pembayaran lewat aplikasi di ponsel pintar.

Sebenarnya, kenapa usaha Anda wajib memakai fitur pembayaran yang digunakan masyarakat milenial ini? Yuk, simak beberapa manfaat memakai sistem bayar secara digital berikut.

1. Kepraktisan

Alasan utama kenapa bisnis atau Anda yang tertarik membuka bisnis terbaru harus memiliki fitur pembayaran online sebab menawarkan kepraktisan. Anda tidak perlu membayar gaji kasir konvensional sebab pembayaran bisa dilakukan kapan dan di mana saja lewat aplikasi di ponsel pintar, begitu pula dengan pelanggan. Pelanggan Anda tidak perlu membawa kartu atau uang tunai sebab bisa melakukan pembayaran lewat sistem aplikasi.

2. Banyak promo menarik

Promo pembayaran melalui aplikasi kekinian baik m-banking atau e-wallet menjadi keuntungan tersendiri. Biasanya para pelanggan Anda akan memanfaatkan promo menarik untuk mendapatkan potongan harga, diskon atau promo-promo menguntungkan lain. Bisnis Anda jelas akan mendapatkan cuan bila berhasil melakukan penjualan lebih banyak, bukan?

3. Lebih aman

Keamanan menjadi faktor penting yang diperhatikan dalam pembayaran serba digital. Tidak perlu takut terjadi risiko pencurian atau perampokan sebab Anda bisa melakukan akses pembayaran di telepon genggam kapan saja. Meskipun demikian, pastikan keamanan data Anda benar-benar terjamin dengan tidak memberitahukan akun atau kata kunci kepada orang lain, ya! Bila terjadi risiko terburuk, maka bisa langsung menghubungi customer service untuk segera melakukan pemblokiran.

4. Fleksibilitas yang baik

Proses transaksi memakai m-banking atau e-wallet bisa dilakukan dalam waktu yang sangat cepat dan mudah sekali. Tinggal klik sebentar, maka dana Anda bisa langsung terkirim atau diterima dalam hitungan detik saja.

5. Bisa mengatur pengeluaran dengan baik

Kemudahan pemakaian uang digital bisa membuat Anda selaku pengusaha melakukan manajemen keuangan lebih baik. Apalagi Anda yang masih membuka usaha awal tanpa memiliki tim keuangan, bisa melakukan pencatatan uang masuk dan keluar lebih mudah. Begitu pula dengan Anda yang ingin belanja produk terbaru atau membeli barang dari supplier, maka pencatatan pengeluaran hutang bisa lebih rinci, termasuk piutang pada pelanggan atau reseller bisnis Anda.

Kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan pembayaran digital merupakan alasan utama kenapa banyak orang beralih pada sistem online ini. Asal Anda memiliki akun rekening di perbankan atau dompet digital terpercaya, maka Anda bisa melakukan kemudahan transaksi secara non tunai kapan dan di mana saja. Anda yang tertarik membuka usaha tanpa ribet, modal terbatas dengan sistem pembayaran digital lewat link yang bisa langsung dibagikan pada pelanggan lewat pesan, pastikan untuk memilih aplikasi fitur pembayaran terbaik sekarang.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+