Sikat Persija Jakarta, PSM Makassar Jawara Piala Indonesia

6 September 2019

PSM Makassar keluar sebagai juara Piala Indonesia 2018 setelah mengalahkan tamunya Persija Jakarta dengan skor 2-0 (agregat 2-1) di leg kedua final Piala Indonesia yang berlangsung di Stadion Andi Mattalata, Selasa (6/8) sore mengukuhkan PSM sebagai pemuncak klasemen Piala Indonesia. Pertandingan yang sejatinya berlangsung pada Minggu (28/7) silam tersebut terpaksa diundur setelah bus tim Persija dilempari batu sehari sebelum pertandingan berlangsung. Memasuki pertandingan leg kedua, sang tuan rumah harus mengejar defisit satu gol setelah takluk 1-0 pada leg pertama final yang berlangsung pada Minggu (21/7) silam.

Guy Junior dan Ferdinand Sinaga PSM Makassar

Guy Junior dan Ferdinand Sinaga PSM Makassar

PSM pun memulai pertandingan dengan langsung menggempur gawang Persija. Hal tersebut terbukti efektif setelah tandukan Aaron Evans menyambut sepak pojok Wiljan Pluim berhasil mengoyak jala gawang Persija yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa. Agregat skor yang berubah menjadi 1-1 sekaligus semakin melecut semangat anak-anak Makassar. M. Rahmat dan Ferdinand Sinaga menciptakan peluang emas di menit ke-10 namun masih belum menjadi gol.

Jual beli serangan yang dilakukan oleh kedua tim beberapa kali menghasilkan tekel keras yang memaksa wasit untuk merogoh kartu kuning dari sakunya baik untuk pemain PSM maupun Persija. Wasit pun akhirnya terpaksa mengeluarkan kartu merah setelah Sandi Sutte melakukan tekel dari belakang terhadap Wiljan Pluim, kartu kuning kedua pun dilayangkan bagi gelandang Persija tersebut. Babak pertama ditutup oleh aksi Ferdinand Sinaga, namun ia kurang beruntung sebab tendangannya masih membentur tiang gawang.

Di babak kedua, Pluim CS kembali bertubi-tubi melancarkan serangan, hasilnya hanya butuh lima menit bagi PSM untuk mencetak gol kedua yang dinanti-nanti. Zulham Zamrun menjadi pencetak gol kedua PSM dengan sebuah sundulan terarah yang tak mampu dibendung oleh Andritany.

Ketinggalan dua gol, Persija pun memasukkan Bambang Pamungkas untuk menambah daya gedor. Namun, hal ini tak mampu mengubah situasi. Salah satu peluang yang didapat oleh Rohit Chand masih mampu dihadang oleh Aaron Evans yang tampil impresif di pertandingan sore tadi.

Tambahan waktu yang cukup panjang di akhir babak kedua pun tak mampu dimanfaatkan oleh Marko Simic maupun Bambang Pamungkas berkat aksi Rivky Mokodompit. Skor 2-0 pun bertahan sampai pertandingan usai, sekaligus menjadi sumbangsih gelar pertama bagi Darije Kalezic di sepak bola Indonesia.

Selamat untuk PSM Makassar.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+