Kontribusi PT RAPP bagi Negeri

28 Februari 2018

Grup APRIL merupakan salah satu anak perusahaan Royal Golden Eagle, yang mana RGE sendiri adalah perusahaan pertama yang didirikan oleh Sukanto Tanoto. APRIL Grup juga merupakan salah satu penghasil produk pulp dan kertas terbesar di Asia Pasifik dan sudah diakui di dunia serta menggunakan teknologi paling maju dan efisien di dunia. Perusahaan tersebut berlokasi di provinsi Riau dan secara langsung telah mempekerjakan kurang lebih 5.000 orang dan bermitra dengan lebih dari 90.000 orang yang memasok dan mendukung kegiatan usaha April grup.

Kontribusi PT RAPP bagi Negeri

Kontribusi PT RAPP bagi Negeri

Salah satu anak perusahaan yang dinaungi oleh April grup dan hingga kini terkenal bernama PT Riau Andalan Pulp and Paper. Perusahaan yang dikenal dengan singkatan RAPP ini merupakan perusahaan yang memimpin pulp and paper di Indonesia dan menempati posisi kedua di dunia. Perusahaan yang memproduksi pulp dan kertas ini didirikan pada tahun 1993 di desa Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Karena sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang industri pulp dan kertas yang berlokasi tepat di Riau ini, mereka berkontribusi terhadap perekonomian daerah pastinya tak bisa dianggap remeh.

Selama belasan tahun dari 1999-2014, RAPP sudah berkontribusi terhadap perekonomian nasional mencapai Rp 557 triliun rupiah. Berikut hasil kajian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia. Seorang Peneliti LPEM UI bernama Widyono Soetjipto mengatakan bahwa penelitian tersebut bertujuan untuk mengukur kontribusi RAPP terhadap perekonomian dalam negeri. Dalam penelitian tersebut juga terlihat ketergantungan masyakarat terhadap perusahaan semakin menurun, karena ekonomi daerah saat ini tidak tergantung terhadap satu aktivitas ekonomi saja. Selain itu juga tumbuhnya sektor lain sedikit banyak akibat kontribusi PT RAPP. Hal-hal yang dapat mendorong perkembangan ekonomi di daerah adalah sesuatu yang positif. Di samping itu, penelitian tersebut dilakukan lima tahun sekali guna mengukur dampak keberadaan RAPP terhadap ekonomi.

Direktur RAPP bernama Rudy Fajar menjelaskan bahwa selama periode tersebut, RAPP telah berkontribusi meningkatkan penerimaan APBN sebesar Rp 2,45 triliun, berupa penerimaan pajak Rp 1,92 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Rp 530 miliar serta berkontribusi menambah pendapatan daerah Riau Rp 758,59 miliar. Selain itu, produsen pulp dan kertas tersebut telah berkontribusi dalam pembentukan pendapatan rumah tangga sekitar Rp 33 triliun, atau setara 70,8% dari total pendapatan rumah tangga di Pelalawan.

Selama belasan tahun juga, RAPP telah mempekerjakan 85 ribu orang per tahun, dimana 65 ribu kesempatan kerja (81%) ada di Riau. Pada tahun 2000, RAPP membuka 42 ribu kesempatan kerja di Riau dan meningkat menjadi 59 ribu orang pada 2010, lalu naik menjadi 58 ribu kesempatan kerja pada 2014. Ditambah lagi, RAPP bisa memproduksi 2,8 juta ton pulp dan 1,2 juta ton kertas per tahun serta mempekerjakan 5.500 tenaga kerja langsung. Dan itulah bukti kontribusi PT RAPP bagi Negeri.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+